Kepala Eksekutif SoftBank Group Corp Masayoshi Son. Foto : AFP.
Kepala Eksekutif SoftBank Group Corp Masayoshi Son. Foto : AFP.

Softbank Siapkan Dana untuk Akuisisi Unicorn

Ekonomi teknologi Softbank
Arif Wicaksono • 18 November 2020 17:51
Tokyo: Kepala Eksekutif SoftBank Group Corp Masayoshi Son mengatakan memiliki sekitar USD80 miliar dalam bentuk tunai untuk peluang investasi dan pembelian kembali saham serta fokus untuk membeli saham teknologi.
 
"Peralihan menjadi uang tunai dengan menjual beberapa investasi SoftBank sebagian karena kekhawatiran atas berlanjutnya penyebaran virus korona secara global, " Son mengatakan kepada DealBook Online Summit yang diselenggarakan oleh New York Times dikutip dari Channel News Asia, Rabu, 18 November 2020.
 
"Ini pertama kalinya dalam sejarah kami untuk melikuidasi aset apapun secepat mungkin," Son, berbicara dari Tokyo, mengatakan tentang penjualan SoftBank baru-baru ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tahun ini, Softbank mendivestasikan lebih dari USD 21 miliar saham di operator nirkabel AS T-Mobile US dan mengumumkan penjualan USD40 miliar perancang chip Arm ke Nvidia Corp.
 
Son mengatakan akan tetap agresif jika ada peluang berinvestasi di perusahaan kecerdasan buatan.
 
“Mungkin sekarang harga yang lebih baik untuk berinvestasi di unicorn. Mereka butuh dana,” kata Son, merujuk pada perusahaan swasta yang nilainya paling sedikit USD1 miliar. Dia juga berencana untuk membeli kembali lebih banyak saham jika saham SoftBank jatuh.
 
SoftBank telah menetapkan rencana pembelian kembali dan pengurangan utang senilai USD41 miliar. Sahamnya telah naik lebih dari dua kali lipat sejak posisi terendahnya di Maret.
 
Son, yang terkenal karena berinvestasi di awal-awal startup seperti Grup Alibaba Tiongkok serta perusahaan berbagi kantor WeWork, mengatakan dia akan terus mengambil alih saham di perusahaan publik yang menurutnya terdepan dalam perlombaan AI, termasuk Apple, Amazon, Google, dan Facebook.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif