Kilang LNG. Foto : AFP.
Kilang LNG. Foto : AFP.

Pasar LNG akan Semakin Ketat di 2023

Arif Wicaksono • 29 September 2022 22:13
Tokyo: Kepala Badan Energi Internasional (IEA) Fatih Birol mengatakan Pasar LNG pada 2023 mungkin lebih ketat dari tahun ini karena permintaan mungkin meningkat di Tiongkok, India, dan bagian lain Asia.
 
baca juga: Subholding Gas Pertamina Pamer Terobosan Pemanfaatan LNG

"Kita mungkin melihat pasar LNG pada 2023 akan agak ketat, mungkin lebih ketat dari tahun ini," kata dia dalam sambutannya pada Konferensi Produsen-Konsumen LNG di Jepang dikutip dari Channel News Asia, Kamis, 29 September 2022.
 
Harga gas global telah melonjak ke level rekor tahun ini, karena pengurangan pasokan gas Rusia telah menempatkan tekanan besar di pasar Eropa dan global.
 
Harga grosir gas yang tinggi di Eropa telah melihat rekor jumlah impor kargo LNG, menarik volume dari wilayah pengimpor utama Asia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Birol juga menambahkan Eropa telah menerima sejumlah besar LNG tahun ini, dengan impor meningkat mencapai 60 persen.
 
"Salah satu alasan mengapa Eropa dapat menarik begitu banyak LNG adalah karena Tiongkok (melihat) pertumbuhan ekonomi yang lamban tahun ini," katanya.
 
"Jika ekonomi Tiongkok pulih  akan sulit bagi Eropa untuk menarik begitu banyak LNG." jelas dia.
 
Impor LNG Tiongkok mencatat penurunan besar pertama mereka tahun ini, karena harga yang tinggi dan manufaktur yang lemah karena penguncian Covid-19 menghambat permintaan untuk bahan bakar super-dingin.
 
Negara ini menjadi pembeli LNG top dunia tahun lalu tetapi menyerahkan posisi teratas kembali ke Jepang dalam empat bulan pertama 2022.
 
"Jika Jepang memulai kembali pembangkit listrik tenaga nuklir mereka, itu akan membebaskan sekitar 10 miliar meter kubik (bcm) LNG dan membantu pasar LNG global," kata Birol, tanpa merinci jangka waktu.
 
Birol mengatakan bahwa Jepang memulai kembali lebih banyak pembangkit listrik tenaga nuklir akan membantu meredakan kekhawatiran pasokan energi Eropa selama musim dingin karena lebih banyak LNG akan tersedia untuk pasar global.
 
(SAW)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif