Arab Saudi. foto : AFP.
Arab Saudi. foto : AFP.

Uranium Kunci untuk Capai Transformasi Energi Arab Saudi

Ekonomi nuklir arab saudi timur tengah Energi Bersih
Arif Wicaksono • 13 Januari 2022 17:15
Riyadh: Kerajaan Arab Saudi tidak akan mengorbankan keamanan demi transformasi energi. Arab Saudi mulai memperhatikan pentingnya uranium dan minyak untuk rencana pembangkit listrik Kerajaan Arab Saudi.
 
Menteri Energi Arab Saudi Abdulaziz bin Salman membahas bagaimana mengembangkan sektor pertambangan Kerajaan dapat membantu transisi ekonomi dan lingkungan. Dia optimistis dalam hal penggunaan tenaga nuklir sebagai campuran energi.
 
"Kami memiliki sejumlah besar sumber daya uranium, yang ingin kami eksploitasi dan gunakan dengan cara yang paling transparan," kata dia, dikutip dari Arab News, Kamis, 13 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami akan membawa mitra dan kami akan mengekspor dan memproduksi dan mengembangkannya dan kami akan memonetisasi sumber daya itu secara komersial,” kata dia.
 
Mengacu pada dorongan untuk menjauhkan Kerajaan dari ketergantungannya pada minyak, dia berkata tidak boleh kehilangan keamanan energi demi aksi publisitas semata.
 
"Jangan sampai kehilangan keamanan energi karena beralih dari kekhawatiran klasik tentang ketergantungan berlebihan di Timur Tengah ketika menyangkut minyak ke berbagai jenis tantangan keamanan energi yang berkaitan dengan ketersediaan mineral ini dan konsentrasi kepemilikan mineral tersebut," jelas dia.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif