Ilustrasi. FOTO: AFP
Ilustrasi. FOTO: AFP

Krisis Minyak Akibat Invasi Rusia di Luar Kendali OPEC

Ekonomi ukraina Minyak Mentah ekonomi rusia OPEC Rusia-Ukraina
Angga Bratadharma • 18 April 2022 09:05
New York: Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak Bumi (OPEC) mengatakan kepada pejabat Uni Eropa (UE) bahwa krisis yang terjadi saat ini di pasar minyak global yang disebabkan oleh invasi Rusia ke Ukraina berada di luar kendali kelompok itu.
 
"Kerugian pasokan minyak Rusia yang berasal dari sanksi saat ini dan masa depan atau boikot oleh pelanggan berpotensi melebihi tujuh juta barel per hari," kata Sekretaris Jenderal OPEC Mohammad Barkindo, dilansir dari The Business Times, Senin, 18 April 2022.
 
"Itu akan jauh di luar kemampuan OPEC untuk menggantinya," tambahnya, kepada Komisaris Energi UE Kadri Simson yang menegaskan kartel bertanggung jawab untuk menyeimbangkan pasar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Simson mengatakan kelompok produsen minyak dapat memanfaatkan kapasitas produksi cadangan yang ada untuk membantu dalam krisis, menurut dokumen OPEC. Barkindo mengatakan pasar minyak sedang dipengaruhi oleh faktor politik daripada penawaran dan permintaan, sehingga tidak banyak yang dapat dilakukan oleh organisasi tersebut.
 
"Krisis ini telah diperparah untuk menciptakan pasar yang sangat fluktuatif. Saya harus menunjukkan, bagaimanapun, ini adalah faktor non-fundamental yang benar-benar di luar kendali kami di OPEC," kata Barkindo.
 
Kedua perwakilan tersebut berbicara selama dialog reguler antara UE dan OPEC. Sedangkan negara-negara OPEC seperti Arab Saudi telah menolak seruan dari konsumen utama seperti AS untuk mengisi celah yang ditinggalkan oleh Rusia. Selain pandangan mereka tentang pasar, Kerajaan dan sekutunya mungkin memiliki alasan lain untuk menahan diri.
 
Riyadh bersama-sama memimpin aliansi produsen global dengan Moskow yang dikenal sebagai OPEC+, dan mungkin juga ingin mempertahankan hubungan politiknya dengan Kremlin, yang telah membantu Arab Saudi mengurangi ketergantungan mereka pada AS.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif