Bursa saham asia. Foto: AFP
Bursa saham asia. Foto: AFP

PMI Tiongkok di Atas Ekspektasi Kerek Bursa Asia

Ekonomi bursa saham asia
Nia Deviyana • 30 Juni 2020 11:02
Jakarta: Saham-saham di Asia Pasifik naik pada perdagangan Selasa pagi, 30 Juni 2020. Kenaikan ini disokong Purchasing Manager’s Index (PMI) Manufaktur Tiongkok yang berda di atas ekspektasi.
 
Melansir CNBC International, indeks Nikkei 225 di Jepang naik 1,84 persen pada perdagangan pagi setelah turun lebih dari dua persen pada Senin. Indeks Topix juga naik 1,29 persen. Sementara di Korea Selatan, indeks Kospi naik 1,6 persen.
 
Selain itu indeks Hang Seng Hong Kong naik 1,06 persen. Saham Tiongkok Daratan juga diperdagangkan lebih tinggi, dengan komposit Shanghai naik sekitar 0,3 persen
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, indeks S&P/ASX 200 di Australia naik 1,41 persen. Secara keseluruhan, indeks MSCI Asia kecuali Jepang diperdagangkan 0,92 persen lebih tinggi.
 
PMI manufaktur Tiongkok untuk Juni berada di angka di 50,9, menurut data yang dirilis oleh Biro Statistik Nasional (NBS) negara itu. Sebelumnya, para ekonom dalam jajak pendapat Reuters memiliki perkiraan di angka 50,4. Angka PMI di atas 50 menandakan ekspansi, sementara di bawah itu menunjukkan kontraksi.
 

Meski demikian, investor masih terus mengawasi perkembangan pandemi covid-19 setelah kepala Organisasi Kesehatan Dunia Tedros Adhanom Ghebreyesu memperingatkan kemungkinan terburuk bisa jadi belum datang.
 
"Meskipun banyak negara telah membuat beberapa kemajuan, secara global, pandemi ini sebenarnya sedang meningkat," katanya saat konferensi pers virtual dari kantor pusat Jenewa, belum lama ini.
 
"Kita semua ingin ini selesai. Kita semua ingin melanjutkan hidup, tetapi kenyataan yang sulit adalah bahwa ini bahkan belum berakhir," pungkasnya.

 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif