Ilustrasi. FOTO: AFP
Ilustrasi. FOTO: AFP

Pertumbuhan Bisnis di Zona Euro Tergelincir Akibat Lonjakan Omicron

Ekonomi ekonomi eropa uni eropa zona euro covid-19 pandemi covid-19 Omicron Varian Omicron
Angga Bratadharma • 27 Desember 2021 07:30
London: Sebuah survei menunjukkan pertumbuhan bisnis di zona euro terpantau melambat lebih dari yang diperkirakan pada Desember ini. Hal itu karena ada pembatasan baru yang diberlakukan untuk mengekang varian virus korona Omicron yang imbasnya membatasi pemulihan di industri jasa yang dominan di blok itu.
 
Mengutip The Business Times, Senin, 27 Desember 2021, Eropa menghadapi gelombang infeksi keempat dan banyak pemerintah telah mendorong warganya untuk tinggal di rumah dan menghindari kontak sosial yang tidak perlu. Langkah tersebut dengan harapan memutus rantai penyebaran covid-19.
 
Flash Composite Purchasing Managers' Index (PMI) IHS Markit, indikator yang baik dari kesehatan ekonomi secara keseluruhan, turun menjadi 53,4 pada Desember dari 55,4 pada November, terendah sejak Maret dan di bawah prediksi 54,0 dalam jajak pendapat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Angka utama itu terseret oleh PMI jasa, yang merosot ke level terendah delapan bulan di 53,3 dari 55,9. Sementara di atas angka 50 mengartikan memisahkan pertumbuhan dari kontraksi, dan itu meleset dari perkiraan jajak pendapat untuk prediksi di angka 54,1.
 
Pertumbuhan permintaan jasa turun ke level terendah sejak April -ketika berkontraksi- dengan indeks bisnis baru jatuh ke 52,6 dari 54,2. Di sektor swasta Jerman, pertumbuhan menguap karena pembatasan menghantam sektor jasa di ekonomi terbesar Eropa, data sebelumnya menunjukkan.

Prancis

Sementara itu, di Prancis, ekonomi terbesar kedua di zona euro dan satu-satunya negara lain di blok itu yang melaporkan data kilat, menunjukkan aktivitas berkembang lebih lambat, sebuah tren yang sebagian disebabkan oleh varian covid-19 yang baru.
 
Di Inggris, di luar blok mata uang, varian baru memukul perusahaan perhotelan dan perjalanan, mengirimkan pertumbuhan sektor swasta ke level terendah 10-bulan, PMI menunjukkan.
 
Pabrik-pabrik, yang umumnya tidak terlalu terpengaruh oleh pembatasan virus korona, juga sedikit menderita dan PMI manufaktur turun ke level terendah 10 bulan di 58,0 dari 58,4 November. Produksi pengukuran indeks yang dimasukkan ke dalam PMI komposit naik ke 53,9 dari 53,8.
 
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif