Ilustrasi. FOTO: AFP
Ilustrasi. FOTO: AFP

Sah! Pierre-Olivier Gantikan Gita Gopinath Jadi Kepala Ekonom IMF

Angga Bratadharma • 12 Januari 2022 14:04
Washington: Dana Moneter Internasional (IMF) telah menunjuk ekonom Universitas California-Berkeley kelahiran Prancis Pierre-Olivier Gourinchas sebagai Kepala Ekonom IMF berikutnya. Ia akan menggantikan Gita Gopinath dan bakal bergabung dengan tim manajemen IMF pada bulan ini.
 
IMF mengatakan Gourinchas, yang bergabung dengan UC-Berkeley pada 2003 dan memegang jabatan sebelumnya di Universitas Princeton dan Universitas Stanford, akan mulai paruh waktu pada 24 Januari dan transisi ke pekerjaan IMF penuh pada 1 April. Sebagai Penasihat Ekonomi IMF, dia akan menjabat sebagai Direktur Departemen Riset IMF.
 
Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva mengatakan Gourinchas membawa rekam jejak cemerlang dalam bidang keilmuan dan kepemimpinan intelektual di bidang makroekonomi yang penting bagi pekerjaan IMF.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mulai dari ketidakseimbangan global dan aliran modal hingga stabilitas sistem moneter dan keuangan internasional, dan baru-baru ini, serta kebijakan ekonomi untuk masa pandemi," kata Georgieva, dilansir dari Channel News Asia, Rabu, 12 Januari 2022.
 
Gourinchas telah banyak menulis dalam beberapa tahun terakhir tentang implikasi dari posisi dolar AS sebagai mata uang cadangan dominan dunia. Sebuah makalah 2019 menyimpulkan bahwa hegemoni dolar tidak berkelanjutan dan greenback pada akhirnya kemungkinan hidup berdampingan dengan yuan Tiongkok dan mungkin euro sebagai mata uang dominan.
 
Georgieva menggambarkan Gourinchas memiliki jari di denyut nadi masalah ekonomi global. Setelah hampir dua tahun mengucurkan pembiayaan darurat ke negara berkembang untuk membantu mengatasi covid-19, IMF beralih ke kebutuhan pembiayaan jangka panjang mereka, termasuk keringanan utang dan tekanan dari kenaikan suku bunga dan arus keluar modal.
 
Penunjukan Gourinchas terjadi di tengah perombakan manajemen setelah skandal data Bank Dunia yang terjadi selama Georgieva sebagai CEO Bank Dunia pada 2017 dan telah memfokuskan pengawasan Dewan IMF pada Georgieva tahun lalu.
 
Dewan IMF membersihkan nama Georgieva dari segala kesalahan dalam perubahan data Bank Dunia untuk meningkatkan peringkat iklim bisnis Tiongkok. Tetapi Menteri Keuangan AS Janet Yellen telah menuntut Georgieva mengambil langkah-langkah konkret guna memastikan integritas data IMF, meskipun penelitian IMF tidak dipertanyakan.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif