Bisnis Maskapai. Foto : MI.
Bisnis Maskapai. Foto : MI.

Prospek Lapangan Kerja di Sektor Penerbangan Membaik

Ekonomi buruh Penerbangan May Day Singapura bandara changi Maskapai Asing Upah Minimum
Arif Wicaksono • 08 Mei 2022 18:57
Singapura: Sekretaris jenderal Kongres Serikat Buruh Nasional (NTUC) Ng Chee Meng mengatakan sektor penerbangan berpotensi mendapatkan upah yang lebih baik dan prospek kerja yang lebih baik dalam satu hingga dua tahun ke depan.
 
Berbicara di sela-sela acara May Day untuk memberi penghargaan kepada pekerja penerbangan yang mendukung pemulihan jalur transportasi udara Singapura, Ng mengakui bahwa sektor ini telah melewati masa-masa sulit saat pandemi Covid-19.
 
Dia juga mengatakan pekerja penerbangan sekarang menghadapi masalah di tengah pemulihan ekonomi karena mereka agak terbebani karena terlalu banyak bekerja ditengah kekurangan tenaga kerja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saya mengerti bahwa ada kekurangan tenaga kerja saat ini, tetapi dalam waktu tiga, enam bulan ketika kami menyambut kembalinya pekerja, saya pikir kami akan memiliki peluang yang lebih baik untuk bisnis yang lebih baik,” jelas dia dikutip dari Channel News Asia, Minggu 8 Mei 2022.
 
“Dan saya pikir prospek penerbangan akan jauh lebih cerah. Anda dapat menantikan upah yang lebih baik dan prospek pekerjaan yang lebih baik, semoga dalam 12 hingga 24 bulan ke depan.” jelas dia.
 
Volume penumpang Bandara Changi naik hampir 40 persen pada akhir April setelah Singapura membuka kembali perbatasannya untuk semua pelancong yang divaksinasi pada awal bulan.
 
Hal ini menempatkan Singapura di jalur yang tepat dengan targetnya untuk memulihkan volume penumpang di Bandara Changi setidaknya 50 persen dari tingkat sebelum pandemi pada tahun ini.
 
Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS), yang menyelenggarakan acara penghargaan May Day, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan perusahaan penerbangan dan serikat pekerja untuk meningkatkan tenaga kerja guna mendukung peningkatan lalu lintas penumpang udara dalam beberapa bulan mendatang.
 
Dia juga menyoroti beberapa langkah untuk mendukung pekerja di tengah beban kerja yang meningkat. Ini termasuk menyiapkan grup dukungan Komunitas One AirHub pada aplikasi perpesanan Telegram untuk komunitas hub penerbangan, serta menawarkan makanan gratis untuk mendorong mereka yang bekerja selama periode May Day.
 
Friends for Aviation, yang dibentuk pada Juni tahun lalu oleh sekelompok 70 petugas CAAS, juga memperkenalkan beberapa inisiatif, seperti membagikan kartu EZ-Link senilai 50 Dolar Singapura pada tahun lalu kepada para garda depan penerbangan.
 
“Pekerja penerbangan memainkan peran penting dalam peningkatan operasi bandara dan memberikan pengalaman perjalanan yang mulus yang merupakan ciri khas Changi,” kata CAAS.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif