Fitch Ratings. Foto ; AFP.
Fitch Ratings. Foto ; AFP.

Pembayaran Rubel Rusia untuk Kupon Dolar AS Jadi Default

Antara • 16 Maret 2022 09:39
New York: Lembaga pemeringkat kredit Fitch mengatakan, jika Rusia membuat dua pembayaran kupon obligasi dolar AS yang jatuh tempo pada Rabu 16 Maret 2022 dalam mata uang rubel, akan menjadi default atau gagal bayar surat utang negara setelah masa tenggang berakhir.
 
"Pembayaran dalam mata uang lokal kupon eurobond dolar AS Rusia yang jatuh tempo pada 16 Maret, jika itu terjadi, merupakan gagal bayar utang negara, pada berakhirnya masa tenggang 30 hari," kata Fitch, dikutip dari Antara, Rabu, 16 Maret 2022.
 
Rusia akan melakukan dua pembayaran kupon mata uang hampir USD117 juta pada Rabu. Dalam hal pembayaran rubel, Fitch mengatakan peringkat pada kedua obligasi akan diturunkan menjadi 'D' setelah masa tenggang berakhir. Sementara peringkat mata uang asing jangka panjang Rusia akan ditetapkan pada 'Restricted Default'.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fitch mengatakan peringkat mata uang lokal 'C' konsisten dengan kegagalan Rusia untuk memberi kredit kepada investor asing dengan kupon obligasi mata uang lokal yang jatuh tempo pada 2 Maret.
 
"Kami memahami Kementerian Keuangan Rusia melakukan pembayaran kupon ini pada OFZ 2024 ke National Settlement Depository, tetapi mereka tidak dibayarkan kepada investor asing karena pembatasan Bank Sentral Rusia," kata Fitch.
 
"Ini akan menjadi gagal bayar jika tidak disembuhkan dalam waktu 30 hari sejak pembayaran jatuh tempo," jelas Fitch.
 
Fitch mengatakan pihaknya menerapkan masa tenggang 30 hari dalam obligasi lokal, yang dikenal sebagai OFZ, sekalipun hal itu tidak dirinci dalam dokumen obligasi.
 
(SAW)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif