Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat bertemu CEO Tesla Inc Elon Musk. FOTO: Instagram/@luhut.pandjaitan
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat bertemu CEO Tesla Inc Elon Musk. FOTO: Instagram/@luhut.pandjaitan

Luhut Undang Elon Musk Hadiri G20 saat Kunjungi Pabrik Tesla di AS

Ekonomi Luhut Binsar Pandjaitan Tesla elon musk Indonesia Ketua G20 G20 Presidensi G20
Antara • 27 April 2022 08:47
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengundang CEO Tesla Inc Elon Musk untuk menghadiri forum B20, yang merupakan salah satu rangkaian KTT G20 di Bali, November. Undangan tersebut disampaikannya saat ia bertemu Elon Musk di Giga Factory Tesla di Austin, Texas, Amerika Serikat.
 
"Saya juga mengundang Elon untuk datang ke Indonesia dalam forum B20, yaitu salah satu rangkaian dari perhelatan G20 yang akan diselenggarakan di Bali pada November nanti," katanya, dilansir dari Antara, Rabu, 27 April 2022.
 
"Saya berharap ini bukan pertemuan kami yang terakhir dan ke depan akan ada pembahasan terkait progres perkembangan industri nikel di Indonesia yang berteknologi tinggi bisa membawa negara kita masuk kepada rantai pasok global industri kendaraan listrik," imbuhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam unggahannya tersebut, Luhut menceritakan pengalamannya disambut hangat oleh Elon Musk di pabrik mobil listrik Tesla. Meski momentum tersebut adalah pertemuan pertama bagi keduanya, namun Luhut mengaku telah menjalin komunikasi sejak dua tahun belakangan.
 
"Selama kurang lebih satu jam, saya menyampaikan potensi bahan baku baterai kendaraan listrik yang saat ini sedang kami eksplorasi terus lewat program hilirisasi mineral," ungkap Luhut.
 
Mantan Menko Polhukam itu pun mengungkapkan minat Elon Musk dalam kerja sama kali ini. Menurut dia, hal itu berkat paparannya soal potensi besar industri nikel di Indonesia yang dinilai Elon Musk sangat menjanjikan untuk memasok bahan baku baterai mobil listrik.
 
"Yang paling melegakan bagi saya adalah saat Elon menyampaikan alasan ketertarikannya kepada kerja sama kali ini, yaitu karena paparan saya tentang potensi besar industri nikel di Indonesia yang mengubah persepsinya karena ia anggap sangat menjanjikan untuk mampu men-supply bahan baku baterai mobil listrik, yang sangat dibutuhkan oleh Tesla tentunya sebagai salah satu produsen kendaraan listrik ternama," katanya.
 
Oleh karena itu, Luhut mengungkapkan rencana pertemuan Elon Musk dengan Presiden Jokowi pada 14 Mei 2022. Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan mengunjungi SpaceX.
 
"Nanti pada 14 Mei saat kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke AS, Elon berjanji akan mengubah schedule-nya demi menemui langsung Presiden Jokowi yang juga dijadwalkan akan mengunjungi SpaceX," pungkas Luhut.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif