Aktivitas ekonomi Hong Kong. Foto: AFP.
Aktivitas ekonomi Hong Kong. Foto: AFP.

Kuartal I, PDB Hong Kong Terkoreksi 4%

Ekonomi hong kong ekonomi asia pandemi covid-19 Lockdown
Arif Wicaksono • 04 Mei 2022 11:33

Hong Kong: Ekonomi Hong Kong mengalami kontraksi pada kuartal pertama tahun ini karena pembatasan untuk mengekang wabah covid-19 yang membayangi prospek pertumbuhan.
 
Ekonomi Hong Kong menyusut empat persen pada kuartal pertama dari tahun sebelumnya, mematahkan pertumbuhan empat kuartal di tengah kinerja yang lemah baik dalam permintaan domestik dan eksternal. Angka itu lebih rendah bila dibandingkan dengan perkiraan penurunan 1,2 persen oleh DBS dan penurunan 1,3 persen oleh Standard Chartered untuk kuartal pertama 2022.
 
"Ekonomi global akan terus menghadapi tantangan signifikan dalam waktu dekat," kata juru bicara pemerintah dalam sebuah pernyataan dikutip dari Channel News Asia, Rabu, 4 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menambahkan memperbaiki situasi epidemi lokal dan langkah-langkah dukungan pemerintah akan membantu mengangkat permintaan domestik untuk sisa tahun ini.
 
Perbatasan Hong Kong pada dasarnya telah ditutup sejak awal 2020, dengan beberapa penerbangan mendarat dan karantina hotel untuk kedatangan mengurangi permintaan, karena kota itu mengikuti daratan Tiongkok dalam menerapkan strategi virus korona nol dinamis yang bertujuan untuk mengekang semua wabah.
 
"Waktu pembukaan kembali perbatasan akan sangat bergantung pada situasi  di Tiongkok dan Hong Kong," kata seorang ekonom di DBS Bank Samuel Tse.
 
Ekonomi Hong Kong diperkirakan akan tumbuh 2 persen menjadi 3,5 persen tahun ini setelah tumbuh 6,4 persen pada 2021, dengan inflasi yang mendasarinya sebesar dua persen.
 
Hong Kong mengizinkan non-penduduk menetap mulai Mei untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua tahun karena jumlah infeksi covid-19 harian sudah turun, sebuah langkah kecil dalam melonggarkan pembatasan ketat.


 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif