Presiden ECB Christine Lagarde. FOTO: AFP
Presiden ECB Christine Lagarde. FOTO: AFP

Bank Sentral Eropa Luncurkan Paket Kebijakan Atasi Covid-19

Ekonomi Virus Korona bank central eropa ekonomi eropa
Angga Bratadharma • 14 Maret 2020 15:01
Frankfurt: Bank sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) memutuskan untuk membiarkan suku bunga utama tidak berubah. Meski demikian, ECB meluncurkan paket komprehensif terkait langkah-langkah kebijakan moneter untuk memastikan adanya dukungan likuiditas di tengah kekhawatiran covid-19.
 
"Paket stimulus termasuk operasi repo jangka panjang tambahan, yang dikenal sebagai LTRO, untuk memberikan dukungan likuiditas langsung ke sistem keuangan di kawasan euro," ungkap pernyataan yang dirilis oleh ECB, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu, 14 Maret 2020.
 
ECB menambahkan ketentuan yang lebih menguntungkan akan diterapkan pada operasi refinancing jangka panjang yang ditargetkan. Ini dilakukan untuk mendukung pinjaman bank kepada mereka yang paling terpengaruh oleh penyebaran virus korona, khususnya perusahaan kecil dan menengah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Suku bunga acuan dasar zona euro akan tetap di level 0,00 persen dengan suku bunga pinjaman marjinal dan suku bunga deposito masing-masing tetap di 0,25 persen dan minus 0,50 persen. ECB mengaku kehilangan ekspektasi dari pasar tentang penurunan suku bunga acuan mengikuti apa yang sudah dilakukan bank sentral Amerika Serikat (AS) dan Bank of England.
 
"Penyebaran virus korona telah menjadi kejutan besar bagi prospek pertumbuhan ekonomi global dan kawasan euro serta telah meningkatkan volatilitas pasar," kata Presiden ECB Christine Lagarde dalam sebuah konferensi pers.
 
Dalam analisis ekonomi makro, Lagarde mengatakan, risiko yang mengelilingi prospek pertumbuhan kawasan euro jelas berada pada sisi negatifnya. "Penyebaran virus korona menambah sumber baru dan risikonya di atas risiko yang terkait dengan faktor geopolitik, meningkatnya proteksionisme, dan kerentanan di pasar negara berkembang, katanya.
 
Lagarde meminta pemerintah dan semua lembaga kebijakan lainnya mengambil tindakan tepat waktu dan terarah guna mengatasi tantangan kesehatan masyarakat dan mengurangi dampaknya terhadap perekonomian. Dirinya menekankan bahwa responsnya yang pertama harus melalui kebijakan fiskal.
 
"Kami menganggap kejutan saat ini sebagai hal yang parah tetapi sementara, jika langkah yang tepat diambil oleh semua pihak terkait," kata Lagarde.
 
Lebih lanjut, Lagarde mengatakan, ECB menyambut langkah-langkah yang telah diambil oleh beberapa pemerintah untuk memastikan sumber daya sektor kesehatan tetap memadai di tengah wabah virus korona. "Dan untuk memberikan dukungan kepada perusahaan dan karyawan yang terkena dampak," pungkas Lagarde.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif