Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

5 Kunci Sukses Jadi Wirausaha Sosial

Ekonomi Wirausaha Dunia Usaha dbs indonesia
Angga Bratadharma • 24 Oktober 2020 12:02
Jakarta: Perkembangan wirausaha sosial atau yang lebih populer dengan istilah social enterprise merupakan sebuah peluang baru yang mulai disadari oleh berbagai kalangan. Meski belum ada data pasti mengenai total jumlah wirausaha sosial di seluruh dunia, namun beberapa negara merilis jumlah wirausaha sosial di negaranya.
 
Berdasarkan data terakhir dari hasil estimasi studi British Council (2018), Indonesia memiliki sekitar 342 ribu wirausaha sosial yang terdaftar. Menyadari perkembangan wirausaha sosial yang dapat membantu menjawab permasalahan sosial, Bank DBS Indonesia percaya wirausaha sosial merupakan masa depan bisnis dan untuk itu secara konsisten memberikan dukungannya.
 
"Kami menyadari bahwa memastikan keberlangsungan dan tumbuh kembang wirausaha sosial merupakan bagian dari tanggung jawab Bank DBS Indonesia, mengingat wirausaha sosial merupakan tipe usaha masa depan," kata Head of Group Strategic Marketing and Communications Bank DBS Indonesia Mona Monika, dalam keterangan resminya, Sabtu, 24 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kendati masih seumur jagung dibandingkan dengan negara-negara lain yang telah melakukan pencatatan dan pembuatan aturan klasifikasi wirausaha sosial secara mumpuni, namun banyaknya jumlah wirausaha sosial di Indonesia menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi besar yang dapat dimanfaatkan dan digali lebih lanjut.
 
Berangkat dari hal itu, para wirausaha sosial harus mengetahui mengenai aspek penting apa agar dapat menjalankan bisnis sosial yang dapat memberikan dampak maksimal. Berikut adalah rangkuman informasi yang tersaji dalam buku “Profit untuk Misi Sosial”:


1. Kenali inisiatif bisnis untuk dunia yang lebih baik


Untuk memberikan dampak sosial, terdapat beragam praktik bisnis yang perlu diketahui sebagai bekal memulai bisnis. Saat ini, terdapat berbagai pilihan bentuk praktik bisnis yang bisa dipilih di Indonesia. Di antaranya koperasi, Social Enterprise (SE), Corporate Social Responsibility (CSR), dan Corporate Shared Value (CSV).


2. Pilih model wirausaha sosial yang tepat


Setelah mengetahui bentuk bisnis apa yang bisa dijalankan, maka selanjutnya wirausaha sosial perlu memahami dan memilih jenis, kriteria dasar, tipe, dan model bisnis yang dipilih, agar dapat lebih tepat sasaran. Hal yang perlu diingat adalah menentukan pilihan yang sesuai dengan perencanaan matang.


3. Pahami ekosistem wirausaha sosial


Tidak ada salahnya memiliki impian yang tinggi, namun untuk mencapainya konsistensi baik internal maupun eksternal amat diperlukan. Misalnya, dengan memperhatikan berbagai aspek seperti finansial, dukungan pemerintah, ketersediaan tenaga kerja, hingga penerimaan dari masyarakat perlu diperhatikan.
 
Oleh karena itu, diperlukan pemahaman atas ekosistem pendukung kewirausahaan sosial, termasuk pola tantangan yang umumnya dihadapi social enterprise, strategi cerdik untuk scaling-up, serta strategi bijak untuk transformasi menjadi social enterprise.


4. Temukan sumber daya yang tepat


Dalam memulai sebuah bisnis, sumber daya yang diperlukan bukan hanya manusia sebagai tenaga kerja, tetapi juga ada sumber daya lain seperti keuangan, bahan, keahlian, dan lainnya. Sumber daya menjadi hal yang penting untuk diperhatikan karena hal tersebut yang akan menentukan kelangsungan suatu bisnis.


5. Sebesar apa dampak yang ingin diciptakan


Tatkala memulai usaha sosial, tentu selain profit, wirausaha sosial juga memikirkan dampak yang berhasil diciptakan di tengah masyarakat. Oleh karena itu, wirausaha sosial dapat mengukur dampak sosial menggunakan indikator dampak yang dimonitor secara berkelanjutan untuk melihat tingkat keselarasan dengan premise of change.
 
Hal ini akan membantu wirausaha sosial dalam mengukur besar usaha dan jangkauan bahkan jumlah sumber daya yang dibutuhkan dengan analisis yang jelas.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif