Warung made. Foto: Perusahaan.
Warung made. Foto: Perusahaan.

Berinovasi Bisnis dengan Angkat Menu Daerah ke Ibu Kota

Arif Wicaksono • 06 Juli 2023 10:43
Jakarta: Bisnis F&B (makanan dan minuman) menghadapi tantangan yang signifikan selama pandemi covid-19. Pembatasan perjalanan, penutupan restoran, dan pembatasan sosial mengakibatkan penurunan jumlah pelanggan dan juga pendapatan bagi bisnis F&B.
 
baca juga: UMKM Parigi Moutong Ekspor 20 Ton Durian ke Thailand

 PT Taurus Gemilang Group (TG Group) pun tak lepas terkena dampak karena mayoritas bisnisnya berada di bandara. Namun secara perlahan bisnis F&B di bandara pun berangsur-angsur membaik setelah adanya pemulihan perjalanan udara dan kepercayaan konsumen dalam melakukan perjalanan bisnis. Bisnis TG Group pun kembali perlahan-lahan kembali normal seperti sedia kala.
 
Meski sulit menjalankan bisnis di bandara selama pandemi, membuat gebrakan dengan membawa Made’s Warung, salah satu restoran terkenal di Bali dengan menu andalannya yaitu Nasi Campur Bali, ke Jakarta. Lokasi awal Made’s Warung berada di Plaza Senayan.
 
Dia menuturkan berinovasi adalah kunci penting dalam bisnis F&B, terutama ketika memperluas operasi dari bandara ke kota. Menawarkan konsep yang unik, menu yang menarik akan memberikan pengalaman pelanggan yang berbeda. Saat berpindah ke kota dan berekspansi, penting untuk memahami kebutuhan dan preferensi konsumen setempat namun tetap membawa nilai yang sama.

"Dengan membuka bisnis kami di tempat yang baru, kami mencoba untuk menjangkau segmen pasar yang lebih luas lagi. Dengan slogan kami Creating Smile kami percaya bahwa TG Group akan memberikan konsep layanan dan pengalaman terbaik di bisnis F&B Indonesia,” ungkap CEO Taurus Gemilang Group Budi Purnomo dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 5 Juli 2023.
 
Budi menambahkan pada 2020, pihaknya memberanikan diri membawa Made’s Warung, restoran terkenal di Bali yang telah lama menjadi salah satu tujuan kuliner populer bagi wisatawan lokal maupun internasional.
 
"Kami pun sangat bersemangat melihat antusias warga Jakarta yang kini dapat menikmati menu favorit mereka seperti Nasi Campur Bali di Made’s Warung Jakarta. Karena hal itu pula yang akhirnya membuat kami memutuskan untuk membuka restoran kedua Made’s Warung di PIK di pertengahan tahun ini,” tegas dia.
 
Selain itu, dengan mempromosikan merek lokal, TG Group juga membantu citra positif untuk produk-produk dalam negeri dan menjaga keanekaragaman budaya dalam industri lokal, terlebih mayoritas bisnis TG Group berada di bandara, sehingga exposure jenama-jenama ini lebih terbuka luas tidak hanya untuk turis lokal namun juga turis mancanegara.
 
Selain Made’s Warung yang berada di kota, jenama lokal yang berlokasi di bandara yang berada di bawah naungan TG Group adalah Revolver, Igor (Ikan Goreng Renon), Warung Koffie Batavia, Sotoku, Bolu Jadul Bali, Le Petit Jemma, TG Food Corner, Baso A Fung.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(SAW)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan