baca juga: Awas! Ancam-ancam Sebar Data Pribadi Pinjol Bisa Kena Jerat UU ITE |
Investasi pada sektor ekonomi digital Indonesia juga tumbuh positif, ditunjukkan oleh deal value investasi pada triwulan pertama 2022 sebesar USD3 miliar, yang merupakan nilai tertinggi kedua setelah Singapura.
Dengan kinerja positif sektor ekonomi digital tersebut, nilai valuasi ekonomi digital diperkirakan akan tumbuh dua kali lipat menjadi USD130 miliar pada 2025, dan akan mencapai USD220 hingga USD360 miliar di 2030.
Pencapaian tersebut juga disokong oleh kondisi Indonesia yang mempunyai mayoritas jumlah penduduk berusia produktif, kemudian memiliki lebih dari 2.400 perusahaan startup, sehingga menjadi peringkat ke-6 di dunia dengan jumlah startup terbanyak, dan juga tingkat penetrasi internet yang sudah mencapai 76,8 persen.
Potensi digital ini juga berusaha diraih oleh agensi pemasaran digital dengan menghadirkan inovasi. Kreta Digital, misalnya, telah bertekad untuk menjadi penggerak utama dalam memberikan solusi kreatif di era ekonomi digital.
Inovasi dan kolaborasi
Co-Founder & CEO Kreta Digital Aldo Pasha Permana percaya inovasi dan kolaborasi adalah kunci kesuksesan di era digital. Kedua hal itu hanya bisa tumbuh dengan komitmen yang kuat."Tim yang berkomitmen dan berpengalaman untuk menerapkan solusi inovatif lainnya," tegas dia dalam keterangan tertulis, Kamis, 23 November 2023.
Dia mengaku memiliki pengalaman 10 tahun di bidang digital marketing. Selama lima tahun terakhir dia juga membantu salah satu startup teknologi.
"Selain itu Co-Founder & CCO Kreta Apriliano Yudha, juga memiliki delapan tahun pengalaman sebagai content creator. Co-Founder kami Mitosima The Anakunda sudah 17 Tahun bergelut di Bidang Pendidikan, Olahraga, F&B, Ritel dan Konstruksi," tegas dia.
Dorong brand go digital
Dia menuturkan komitmen perusahaan untuk memberikan nilai tambah kepada klien dan mitra bisnis dengan cara yang profesional akan mendorong pertumbuhan ekonomi digital."Berawal dari mimpi untuk memberikan edukasi digital secara lebih luas, agar membantu brand bisa go-digital. Dengan visi sebagai partner profesional dan menyenangkan untuk brand dalam hal pemasaran digital dan kreatif," tegas dia.
Dia meyakini bisnis pemasaran akan semakin maju jika ditopang oleh pengalaman para founder yang sudah menghandle berbagai brand marketplace, keuangan hingga institusi pemerintahan.
Potensi ini sangat besar mengingat indonesia berhasil menjadi pemain utama dalam ekonomi digital ASEAN, karena sekitar 40 persen dari nilai total transaksi ekonomi digital ASEAN berasal dari Indonesia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News