Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

5 Alasan Buka Usaha Sampingan Bisa Gagal

Ade Hapsari Lestarini • 11 April 2022 07:18
Jakarta: Mencari cuan tambahan terdengar cukup mudah, namun pelaksanaannya tidak segampang membalikkan telapak tangan.
 
Bagi para pekerja sektor informal, biasanya tidak cukup hanya mengandalkan dari satu penghasilan saja. Sehingga harus membuka usaha sampingan demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
 
Ada beberapa alasan mengapa para pekerja sektor informal, dan juga sektor formal, perlu membuka usaha sampingan. Pertama, berawal dari ide bagus dan kemampuan unik. Kemudian melihat peluang pasar yang masih terbuka lebar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Alasan selanjutnya karena perlu uang tambahan, persiapan pensiun, hingga perlunya mengaktualisasi diri," jelas Brand Supervisor PT Kredit Pintar Indonesia Puji Sukaryadi, saat edukasi bertajuk Kelas Pintar Bersama-Ide Bisnis Sampingan untuk para Ojol, dikutip Senin, 11 April 2022.
 
Dia pun memberikan beberapa ide bisnis sampingan dengan modal ringan. Di antaranya yakni jualan makanan, menjadi dropshipper, warung kopi atau angkringan, laundry kiloan, makelar properti, jasa titip, jual pulsa elektrik, hingga konten kreator.
 
Namun demikian, jika tidak konsisten, usaha sampingan yang sudah dilakukan bisa saja gagal. Berikut ada lima alasan mengapa usaha sampingan bisa gagal:

Salah menentukan prioritas


Memaksakan diri mengambil banyak pesanan dalam usaha sampingannya, dan menjadi lupa dirinya masih dalam posisi karyawan.

Salah menentukan kebutuhan


Fokus pada promosi, pasokan bahan baku atau material, perizinan, dan sebagainya plus membuat sebuah konsep usaha yang kokoh.

Pola pikir yang keliru


Contoh pola pikir yang salah adalah adanya anggapan "apapun yang dijual pasti akan ada yang beli." Serta menganggap enteng aspek pemasaran dan pengembangan produk yang baik sehingga cenderung sembrono dalam mengeluarkan uang.

Perencanaan bisnis yang tidak matang


Sekecil apapun bisnis yang dijalankan, tetap saja membutuhkan sebuah perencanaan. Rencana bisnis bisa meliputi rencana yang sederhana tanpa perlu terperinci seperti membuat rencana tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

Tidak bisa membangun jaringan


Kekuatan bisnis terdapat pada jaringan. Sebesar apapun usaha yang Anda punya, wajib hukumnya untuk terus menambah dan membina jaringan yang sudah ada. Jaringan bisa berupa pelanggan, teman, saudara, dan sebagainya.
 
Adapun seminar offline Kelas Pintar Bersama Vol. 3 ini diinisiasi Kredit Pintar untuk merangkul dan mengedukasi komunitas guna meningkatkan literasi keuangan. Dalam Kelas #PintarBersama, Kredit Pintar menggandeng pembicara tamu untuk turut berpartisipasi dan berbagi tips-tips yang bermanfaat bagi para peserta termasuk dalam kesempatan kali ini yaitu para pengojek online.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif