Forum Insight-Driven Growth 2025 ini mengusung tema "Mempertajam Strategi dan Daya Saing Brand Lokal" yang berlandaskan semangat mendorong pertumbuhan berkelanjutan untuk brand-brand lokal. Acara ini dihadiri oleh 200 partisipan yang merupakan para pemilik brand, eksekutif C-level, dan praktisi marketing senior dari berbagai perusahaan dan industri di seluruh Indonesia.
Acara ini secara resmi dibuka oleh Cheong Tai Leung, Chief Executive Officer Kantar Insights
APAC dan Nadya Ardianti, Managing Director Kantar Insights Indonesia, yang berbagi
informasi terkait temuan-temuan utama dari riset terbaru Kantar. Temuan tersebut juga
mencakup hasil pembelajaran selama 20 tahun dari studi BrandZ, dimana insight menjadi pijakan penting dalam memahami perubahan nilai konsumen Indonesia dan strategi apa yang perlu dijalankan agar brand tetap relevan.
Melalui pendekatan berbasis keuangan dan persepsi konsumen, BrandZ mendorong brand
lokal untuk menjadi lebih bermakna (meaningful), berbeda (different), dan mudah diingat (salient), menjadikannya acuan penting dalam membangun brand yang kuat dan
berkelanjutan di pasar Indonesia, dimana tahun ini total nilai gabungan 50 brand teratas
mencapai lebih dari US$84 miliar.
"Saat ini brand perlu membangun koneksi yang lebih dekat dengan konsumennya, dan ini
perlu dilakukan dengan mengandalkan insight, bukan hanya sekadar insting saja. Kami
melihat potensi besar bagi brand lokal Indonesia untuk tidak hanya unggul di dalam negeri, tapi juga bisa berkembang pesat di tingkat regional, selama brand tersebut mengacu kuat pada apa yang benar-benar dicari dan dibutuhkan oleh konsumen," ujar Cheong Tai Leung, CEO Kantar Insights APAC.
Baca juga: Kantar ART.AI, Solusi Survey Berbasis AI |
Forum banyak akan sesi sharing dan presentasi berbasis data, kisah sukses dari pelaku industri, serta diskusi mendalam tentang bagaimana brand lokal dapat berkembang di tengah dinamika pasar yang terus berubah. Sesi tersebut menyoroti strategi kunci dalam membangun brand yang kuat, dimulai dari "Winning in the Mind" yang membahas cara menanamkan brand di benak konsumen, hingga "Building Strong Equity" yang menekankan pentingnya diferensiasi yang bermakna.
Dilanjutkan dengan "Winning with Your Product" tentang relevansi produk sebagai keunggulan kompetitif, hingga "Disrupting Categories", yang mendorong pertumbuhan brand lewat ide-ide berani dan inovatif.
"Wawasan yang kuat membuka jalan bagi keputusan yang lebih tepat dan pertumbuhan yang lebih berkelanjutan bagi perusahaan dan brand lokal. Menurut kami, ini saatnya brand lokal
membangun kepercayaan diri untuk bisa melangkah lebih jauh," tambah Nadya Ardianti,
Marketing Director Kantar Insights Indonesia.
Acara ini juga secara khusus menghadirkan pembicara yang ahli di bidangnya yang berbagi
masukan serta insight dari berbagai perspektif yang relevan, diantaranya:
- Heru Kustanto dari Kementerian Perindustrian memberikan perspektif makroekonomi.
- Arnita Rishanty, Ekonom Senior Bank Indonesia, yang memaparkan bagaimana kebijakan pemerintah, inovasi, dan pemberdayaan brand lokal dapat berjalan seiring untuk memperkuat ekonomi nasional.
Forum strategis Insight-Driven Growth 2025 Kantar juga menampilkan para pemimpin brand
yang telah menerapkan transformasi di perusahaannya masing-masing. Di antaranya:
- Fiona Anjani Foebe - Chief Marketing Officer, Scarlett.
- Nanang Siswanto - Marketing Director, Agrinesia.
- Imam Ibrahim - Strategic Management Office & Marketing Science, Eiger.
Ketiganya berbagi pengalaman nyata tentang bagaimana membangun strategi yang pada konsumen, menjaga ketangkasan di pasar yang dinamis, serta mengandalkan data dalam pengambilan keputusan bisnis.
Topik yang dibahas mencakup perubahan perilaku konsumen, prinsip-prinsip membangun
brand yang kuat, inovasi produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen, mengidentifikasi consumer journey yang ideal, hingga tren B2B marketing.
Insight-Driven Growth 2025 mencerminkan komitmen Kantar untuk mendampingi pertumbuhan brand lokal--dengan arah yang jelas, tujuan yang kuat, dan wawasan yang mendalam.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id