Namun, tahukah kamu, untuk menjadi seorang pengusaha tidak melulu terjebak soal modal berupa uang. Menjadi pengusaha juga harus mempunyai karakter 3P. Apa itu?
"Pengusaha itu harus memiliki 3P. Paham, Piawai, dan Persona, yang harus dimiliki pengusaha," ujar Dewan Komisioner Diplomat Success Challange (DSC) Surjanto Yasaputera, saat konferensi pers Wirausaha Muda Berkarakter: Ciptakan Bisnis Berkelanjutan, Jumat, 26 Januari 2024.
Baca juga: Mendulang Rezeki dan Berkah di Tahun Politik |
Surjanto menjelaskan, Paham yakni ketika seseorang bisa melihat situasi bisnis yang ada. Kemudian Piawai berarti pandai dalam berbisnis. Serta Persona yakni terkait karakter yang dimiliki sang wirausaha.
"Setiap orang punya 3P ini, bisa diasah, mereka yang gampang beradaptasi bisa mudah menyerap dengan cepat. Paham berarti memahami situasi bisnis. Piawai berarti kita mengamati, menjawab pertanyaan waktu stres. Sementara Persona terlihat dari atitude, yang membuat gampang stres, sulit mendapatkan partner terbaik. Persona menentukan dalam situasi penuh tekanan," jelas dia.
Karakter pengusaha beda generasi
Coach DSC Nilam Sari menambahkan karakter pengusaha generasi zaman dulu dan sekarang berbeda. Zaman sekarang sudah dimudahkan dengan teknologi. Setiap generasi memiliki dunia dan cara pandang yang berbeda.
"Kerja keras, jujur, ada leadership. Apa yang kalian mau dalam hidup. Apakah seorang owner, businessman, kita tidak bisa menjadi superman, mimpi harus bertahap. Rencana-rencana dibuat mulai dari jangka pendek hingga panjang. Mimpi bertahap agar realistis dan stabil," kata Nilam.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News