Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Mau Mulai Bisnis UMKM? Begini Triknya

Medcom • 19 April 2024 09:07
Jakarta: Sebelum memulai bisnis tentunya penting untuk menyadari adanya pengelolaan keuangan. Hal ini bisa menjadi tugas yang cukup merepotkan.
 
Sebaiknya, Anda membuat rencana keuangan yang sangat jelas untuk menjaga keamanan bisnis. Yuk simak langkah di bawah ini agar keuangan bisnis Anda baik sebelum memulai bisnis.
 
Melansir blog Ninja Xpress, ada empat langkah yang bisa Anda lakukan dalam memulai bisnis, khususnya untuk Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
 

Menjaga aliran kas yang sehat


Perencanaan keuangan yang matang dan pemantauan harian penting untuk mengelola pendapatan dan pengeluaran dengan efisien. Melalui aliran kas yang sehat, UMKM bisa mengalokasikan dana dengan tepat untuk pemasaran dan kegiatan lainnya.
 

Dapatkan anggaran pemasaran


Penting bagi UMKM untuk memiliki anggaran pemasaran yang realistis dan sesuai dengan kemampuan keuangan mereka. Hal ini melibatkan alokasi dana untuk iklan, promosi, dan kegiatan pemasaran lainnya. Dengan anggaran pemasaran yang terencana, UMKM dapat meningkatkan keuntungan dari upaya pemasaran mereka.

 
Baca juga: Suka Fotografi dan Videografi Pernikahan? Begini Kiat Memulai Bisnisnya
 

Investasi untuk memasarkan UMKM


Tidak lupa juga untuk mempertimbangkan investasi seperti pembelian perangkat lunak, pelatihan karyawan, dan bekerja sama dengan agensi pemasaran. Memang investasi tersebut memerlukan biaya tambahan, tetapi bisa meningkatkan efektivitas pencapaian target pemasaran UMKM.
 

Lakukan evaluasi Return on Investment (ROI)


Setelah melakukan upaya pemasaran, UMKM perlu mengevaluasi Return on Investment (ROI), yang merupakan ukuran keberhasilan investasi dalam pemasaran. Evaluasi ROI memungkinkan UMKM untuk menilai efektivitas strategi pemasaran yang diimplementasikan dan membuat penyesuaian yang diperlukan.
 
Aspek keuangan dalam pemasaran UMKM sangatlah penting supaya aliran kas bisa berjalan dengan sehat. Pentingnya untuk menyusun anggaran, melakukan investasi yang tepat, dan evaluasi ROI supaya pemasaran dalam UMKM mencapai kesuksesan. Maka dari itu, hal tersebut tidak boleh diabaikan justru harus direncanakan dengan matang-matang. (Indy Tazkia Aulia)
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AHL)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan