Ilustrasi kilang Balikpapan Pertamina. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami)
Ilustrasi kilang Balikpapan Pertamina. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami)

Operasional Kilang Balikpapan Tetap Normal

Ekonomi Kilang Balikpapan
Annisa ayu artanti • 15 Agustus 2019 13:35
Jakarta: PT Pertamina (Persero) memastikan kebakaran yang terjadi di Kilang Refinary Unit V Balikpapan tidak memengaruhi kegiatan produksi. Operasional kilang pun masih berjalan normal.
 
"Secara umum kilang masih beroperasi. Penanganan (kebakaran) masih dilakukan," kata Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis, 15 Agustus 2019.
 
Adapun penyebab dan kerugian akibat insiden ini, tutur Fajriyah, pihak internal Pertamina sedang melakukan investigasi. Ia memastikan dalam insiden tersebut tidak memakan korban jiwa.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat ini tidak ada korban jiwa. Penyebabnya masih dilakukan investigasi. Estimasi kerugian juga masih diinvestigasi," ucap dia.
 
Sebelumnya, telah terjadi kebakaran di salah satu titik area kilang RU V Balikpapan. Percikan diduga muncul sekitar pukul 9.30 WITA saat dilakukan perbaikan pipa.
 
Pemadaman api terus dilakukan oleh Pertamina RU V menggunakan mediafoamdan air. Serta mengerahkan empat unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dan satu unittrailer foam.
 
Untuk saat ini lokasi api sudah dilokalisir dan jalur api utama berhasil dipadamkan. "Sudah ditangani," kata Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas'ud Khamid di Jakarta, Kamis, 15 Agustus 2019.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif