Menteri ESDM Ignasius Jonan.Foto : MI/Panca Syurkani.
Menteri ESDM Ignasius Jonan.Foto : MI/Panca Syurkani.

Bos Medco Sebut Menkeu dan Menteri ESDM Pelit

Ekonomi medco international
Suci Sedya Utami • 10 Oktober 2019 19:39
Jakarta: Dewan Penasihat Penasihat Asosiasi Perusahaan Minyak dan Gas Nasional (Aspermigas) Arifin Panigoro menyebut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan sebagai menteri yang pelit dan tidak tegas.
 
Hal tersebut disampaikan Arifin saat acara sarasehan migas nasional kedua. Sri Mulyani dan Jonan sedianya dijadwalkan hadir dalam acara tersebut namun keduanya sama-sama berhalangan. Arifin mengatakan pelit yang ia maksud insentif fiskal yang diberikan bagi industri migas di Tanah Air. Menurut dia aturan fiskal yang ada saat ini masih belum mendung sepenuh kegiatan migas nasional.
 
"Walau menteri enggak datang, tapi enggak apa-apa kadang-kadang kami ingin omongin menterinya juga, kalau datang jadi lebih susah, bisa jadi enggak berani ngomong. Sri Mulyani pelit, Jonan enggak tegas," kata Arifin di kantor SKK Migas, City Plaza, Jakarta, Kamis, 10 Oktober 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain aturan-aturan yang ada selama ini banyak yang tidak konsisten dan berubah-ubah. Hal tersebut membuat ketidakpastian bagi dunia usaha di sektor migas. Padahal investasi di sektor tersebut bersifat jangka panjang. Jika aturannya berubah-ubah maka akan berdampak bagi rencana kerja perusahaan tersebut.
 
"Kurang fleksibel, kurang ramah jadi makanya orang (investor) pada keluar," tutur dia.
 
Salah satunya yakni terkait skema fiskal cost recovery dan gross split. Menurut pemilik Medco Energi ini kebijakan tersebut perlu dievaluasi kembali. Sebab tidak semua lapangan migas bisa dikenakan skema yang sama.
 
"Banyaklah yang perlu dibahas dari cost recovery ke gross split itu bagaimana, idealnya itu simplifikasi tapi realisasinya lapangan itu kan unik," jelas dia.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif