Pertamina-PLN Sinergi Suplai LNG untuk PLTG. (FOTO: MTVN/Annisa Ayu Artanti)
Pertamina-PLN Sinergi Suplai LNG untuk PLTG. (FOTO: MTVN/Annisa Ayu Artanti)

Pertamina-PLN Sinergi Suplai LNG untuk PLTG

Ekonomi pertamina pln lng
Annisa ayu artanti • 28 September 2017 15:44
medcom.id, Jakarta: PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero) menandatangani kerja sama jual beli gas dalam bentuk gas alam cair (Liquefied Natural Gas/LNG) untuk memenuhi kebutuhan listrik di wilayah terpencil.
 
Direktur Gas Pertamina Yenni Andayani mengatakan, melalui anak usahanya PT Pertagas Niaga akan memenuhi kebutuhan LNG untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Sambera, Kalimantan Timur dengan kapasitas 2x20 megawatt (mw).
 
"Suplai dengan sistem ini menjadi terobosan kami untuk menjangkau di wilayah terpencil yang tidak terjangkau pipa," kata Yenni di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Kamis 28 September 2017.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain mendukung kelistrikan wilayah terpencil, Yenni menjelaskan, kerja sama ini sebagai upaya untuk mengoptimalkan infrasturktur LNG existing seperti di kilang LNG Badak dan merupakan inovasi Pertamina di mana suplai gas dilakukan menggunakan moda LNG truck.
 
Suplai LNG akan dimulai pada April 2018, dengan jumlah kebutuhan 7,9 MMSCFD. Adapun mekanisme suplai menggunakan moda truk ISO tank dari Bontang dengan jarak tempuh sekitar 70 kilometer (km) hingga ke PLTG Sembera.
 
Sebelum disalurkan, Pertamina juga menyiapkan infrastruktur berupa fasilitas regasifikasi di sekitar PLTG Sembara. Pertamina juga telah menyiapkan 20 truk ISO tank yang secara bergantian mengisi LNG.
 
Adapun untuk tahap awal, kerja sama ini akan berlangsung selama lima tahun dan akan diperpanjang sesuai dengan kebutuhan.
 
"Kami sangat mendukung program pemerintah dalam pembangunan listrik nasional 35 ribu mw," pungkas Yenni.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif