Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini. FOTO: M/RAMDANI
Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini. FOTO: M/RAMDANI

Dirut dan Komut Baru PLN Disebut Kombinasi Serasi

Ekonomi listrik pln Pergantian Direksi BUMN
Antara • 24 Desember 2019 15:02
Jakarta: Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia atau APBI-ICMA menilai direktur utama dan komisaris utama baru PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) merupakan kombinasi yang serasi. Para pimpinan baru tersebut diharapkan bisa menyehatkan neraca keuangan dan memaksimalkan fungsi serta tugas PLN di masa mendatang.
 
"APBI mendukung atas terpilihnya Zulkifli Zaini dan Amien Sunaryadi sebagai Direktur Utama & Komisaris Utama PLN yang baru. Ini merupakan kombinasi yang serasi antara profesionalisme dan transparansi," ujar Ketua Umum APBI-ICMA Pandu P Sjahrir, seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Selasa, 24 Desember 2019.
 
Pandu mengatakan APBI-ICMA sebagai pelaku di industri ini berharap dengan pengalaman Zulkifli sebagai profesional dari Bank Mandiri, dan Amien sebagai Wakil Ketua KPK, dapat mendukung upaya PLN dalam meningkatkan profesionalisme dan transparansi PLN.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan tentunya kami, bersama dengan seluruh stakeholders, berkomitmen untuk terus mendukung PLN dalam menjalankan berbagai program elektrifikasi di Indonesia," katanya.
 
Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menetapkan Zulkifli Zaini sebagai Dirut PT PLN (Persero) dan Amien Sunaryadi sebagai komisaris utama perusahaan listrik negara tersebut. Sepak terjang keduanya selama ini menjadi alasan Erick Thohir menunjuk mereka untuk memimpin perusahaan listrik milik negara tersebut.
 
Erick Thohir mengatakan setelah disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT PLN (Persero), pihaknya bakal intens melakukan pembicaraan untuk melaksanakan program prioritas pemerintah.
 
Amien Sunaryadi merupakan wakil ketua KPK periode 2003-2007. Selama jabatannya, Amien memperkenalkan pemberantasan korupsi yang progresif dan menjadi konseptor dari tindakan penggeledahan dan "surveillance" yang dilakukan oleh KPK untuk mengungkap kasus korupsi high profile.
 
Sementara itu, Zulkifli Zaini sebelumnya merupakan Komisaris Independen BNI sejak 17 Maret 2015 hingga kini dan menjadi Dirut Bank Mandiri pada 2010-2013.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif