Freeport Indonesia. Dok: AFP.
Freeport Indonesia. Dok: AFP.

Inalum Mulai Bayar Bunga Obligasi Tahun Ini

Ekonomi bumn inalum
Suci Sedya Utami • 09 Januari 2019 20:57
Jakarta: PT Indonesia Asahan Aluminium atau Inalum (Persero) akan mulai membayarkan kupon atau bunga dari obligasi yang diterbitkan untuk membayarkan transaksi divestasi PT Freeport Indonesia tahun ini.
 
"Mulai tahun ini membayarkan bunganya," kata Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin di kantor KAHMI, Kebayoran, Jakarta Selatan, Rabu, 9 Januari 2019.
 
Budi menjelaskan untuk pelunasan pokok obligasinya akan dilakukan di akhir masa pinjaman. Budi meyakini Inalum akan bisa melunasi pinjaman tersebut dalam kurun waktu empat hingga lima tahun. Besarnya aset dan pendapatan Freeport Indonesia ke depannya akan mampu melunasi pinjaman tersebut.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seperti diketahui untuk memiliki 51 persen saham milik Freeport Indonesia, Inalum mesti mengeluarkan uang sebesar USD3,85 miliar. Pada awal November lalu, Inalum menerbitkan obligasi berdenominasi valuta asing (global bond) senilai USD4 miliar atau sekitar Rp60 triliun. Budi mengatakan utang tersebut telah masuk ke perusahaan pada 15 November 2018.
 
"Kita terima tunai USD4 miliar tadi malam," kata Budi di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat, 16 November 2018 lalu.
 
Penerbitan tersebut terbagi atas empat termin yakni USD1 miliar dengan tenor tiga tahun dan yield 5,5 persen. USD1,25 miliar dengan tenor lima tahun dan yield enam persen. USD1 miliar dengan tenor 10 tahun dan yield 6,875 persen. Serta USD750 juta dengan tenor 30 tahun dan yield 7,375 persen.
 
Penerbitan obligasi ini telah mendapatkan rating Baa2 dari lembaga pemeringkat Moody's dan BBB- dari Fitch Rating. Adapun bank joint global coordinators (JGC) yakni BNP Paribas, Citi dan MUFG. Sementara yang bertindak sebagai joint book runner (JBR) yakni BNP Paribas, CIMB, Citi, Maybank, MUFG, SMBC Nikko dan Standard Chartered.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi