Kilang Tuban. ANTARA FOTO/HO/Humas Pertamina.
Kilang Tuban. ANTARA FOTO/HO/Humas Pertamina.

Rosneft Jadi Kandidat Kuat Pemenang Tender Kilang Tuban

Ekonomi kilang tuban
Annisa ayu artanti • 27 April 2016 19:53
medcom.id, Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan PT Pertamina (Persero) telah memaparkan kandidat partner untuk proyek pembangunan Kilang Tuban. Pembicaraan itu juga telah dilakukan dijajaran komisaris.
 
Rini mengatakan, Pertamina telah melakukan proses lelang untuk proyek refinery di Tuban dengan baik termasuk juga merinci dan menilai kandidat peserta lelang. Pertamina menyebutkan Rosneft sebagai calon kuat pemenang partner kilang Tuban.
 
"Saya rasa mungkin kalau tadi dikatakan oleh Dirut Pertamina bahwa Pertamina sudah melakukan prosesnya dalam untuk project refinary di Tuban. Jadi memang sudah ada bider yang ikut masuk. Tapi pertamina memilih atau memberikan masukan prifered bidder-nya adalah Rosneft," kata Rini di Kantor Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (27/4/2016).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, sebagai pemegang saham pihak Kementerian BUMN tinggal menunggu proses selanjutnya yakni pengumuman pemenang lelang tersebut.
 
"Saya sebagai pemegang saham Pertamina untuk melihat kemungkinannya bagaimana tindak lanjut dari proses bidding kemarin. Direksi Pertamina, saya rasa juga telah melaporkan dengan komisaris. Dan dewan komisaris merasakan bahwa Rosnef memiliki pasar yang baik untuk pertamina," jelas dia.
 
Rini menambahkan, terlepas dari program ini, diharapkan kerja sama nanti dengan partner tersebut tidak hanya dibidang pembangunan kilang. Tapi juga ikut andil di industri hulu seperti mengoperasikan kembali sumur-sumur tua.
 
"Alhamdulilah tadi dari pihak Rosneft juga terbuka dan menawarkan sumur minyak disana yang timnya dari hulu Pertamina sekarang sudah berangkat ke sana untuk melakukan due diligence," ucap dia.
 
Dia juga berharap Rosnef, sebagai perusahaan minyak perat merah asal Rusia, mendapatkan tender tersebut supaya ada alih teknologi ke Pertamina.
 
"Jadi saya juga mengharapkan karena Rosnef memiliki pengalaman dalam bidang teknologi tentunya kita berharap juga mereka dapat berbagi dalam bidang teknologi," pungkas dia.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif