BUMN Prancis Berniat 'Setrum' Pulau Terpencil Indonesia

Suci Sedya Utami 01 November 2018 21:25 WIB
bumnpulau terluar
BUMN Prancis Berniat 'Setrum' Pulau Terpencil Indonesia
Illustrasi. MI/PANCA SYURKANI.
Jakarta: Electricite de France (EDF Group) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Perancis berniat untuk membantu menerangi daerah dan pulau-pulau terpencil di Indonesia.

Hal tersebut diutarakan oleh Direktur Internasional Grup Member Komite Eksekutif EDF Marianne Leigneau saat berkunjung ke Indonesia dalam rangka merayakan ulang tahun pertama keberadaan EDF di Indonesia. Marianne mengatakan EDF akan menjalin kerja sama dengan Adaro Energy.

"Kita akan ada MoU dengan Adaro besok  untuk kerja sama soal elektrifikasi pulau daerah terpencil dimana mereka butuh listrik," kata Marianne di Mandarin Oriental Hotel, Jakarta Pusat, Kamis, 1 November 2018.

Dalam kesempatan yang sama Chief Representative Direktor Indonesia Frederic Fontan mengatakan EDF ingin berpartisipasi untuk membangun elektrifikasi di indonesia.

"Pengalaman EDF melistriki pulau-pulan baik di tengah Samudera Pasifik, Samudera Hindia hingga dekat Kanada menjadi modal," kata Frederic.

Frederic bilang ini merupakan proyek pertama EDF di Indonesia sehingga mereka ingin memastikan bahwa proyek tersebut benar-benar bisa di kembangkan di masa mendatang. Hal tersebut akan sangat bergantung pada kelaikan proyek tersebut.

"Yang kita akan bangun di proyek pertama adalah kombinasi biomasa, pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan beterai tentunya dikombinasikan dgn smart grid dan lain-lain untuk mengaliri listrik di pulau-pulau untuk rumah tangga dan lokal industri di sana," jela Frederica.



(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id