Pasokan BBM dan LPG Ditambah Jelang Natal dan Tahun Baru
Illustrasi -- Foto: MI/ ROMMY PUJIANTO
Jakarta: PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan elpiji aman saat Natal dan Tahun Baru 2019. Pertamina penambah pasokan untuk mengamankan dua perayaan tersebut.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan, Pertamina sudah melakukan evaluasi. Diperkirakan akan terjadi peningkatan konsumsi BBM dan elpiji pada Natal dan Tahun Baru. 

"Menghadapi perayaan Natal dan libur akhir tahun serta Tahun Baru, kami melakukan langkah persiapan penyediaan stok BBM dan elpiji berdasarkan proyeksi kebutuhan masyarakat," kata Adiatma dalam keterangan tertulisnya, Selasa 27 November 2018.

Ia menjelaskan, menjelang natal dan libur tahun baru Pertamina akan menyiagakan berbagai infrastruktur pendukung seperti, menyiagakan mobil tangki dispenser, penyediaan KiosK Pertamax, BBM Kemasan, Motorist BBM Kemasan, serta kantong-kantong SPBU.

Selain itu, Pertamina memfokuskan pendistribusian BBM  dan elpiji ke beberapa titik konsentrasi Natal, titik jalur wisata dan titik jalur lintas mudik.

Menurut Adiatma, selama Natal dan libur Tahun Baru, konsumsi BBM harian secara nasional diperkirakan naik rata-rata 4 persen. Diperkirakan konsumsi BBM jenis gasoline (Premium dan Pertamax Series) akan meningkat sekitar 5 persen dibandingkan kondisi normal yakni dari sekitar 94.000 kiloliter (kl) menjadi sekitar 99.000 kl. 

Sementara konsumsi BBM jenis gasoil (Solar dan Dex series) meningkat sekitar 2 persen dibandingkan masa normal dari 40.000 kl menjadi sekitar 41.000 kl. Adapun puncak konsumsi diperkirakan akan terjadi pada 21 Desember 2018.

"Pertamina akan meningkatkan stok dan penyaluran BBM Natal dan Tahun Baru dari rata-rata harian normal," kata Adiatma.

Sedangkan untuk stock elpiji Pertamina akan menyiapkan tambahan alokasi elpiji subsidi dan nonsubsidi mencapai sekitar 3 persen dari normal.



(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id