IIustrasi. Foto : Istimewa.
IIustrasi. Foto : Istimewa.

Pemerintah Bakal Uji Coba Menyeluruh B30 di November

Ekonomi bio solar
Suci Sedya Utami • 12 September 2019 20:28
Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal menggelar uji coba menyeluruh pelaksanaan mandatory biodiesel atau pencampuran Solar dengan bahan bakar nabati (BBN) berupa minyak kelapa sawit sebesar 30 persen (B30) di November 2019.
 
Pelaksanaan B30 sedianya akan dilakukan serentak pada Januari 2020. Kementerian ESDM pun telah melakukan uji jalan sejak Juni lalu. "Kita akan melakukan trial sekitar bulan November 2019," kata Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) FX Sutijastoto di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Kamis, 12 September 2019.
 
Toto sapaan akrab dirinya mengatakan uji coba menyeluruh akan dilakukan pada kendaraan umum darat. Dia bilang uji coba ini terutama untuk mempelajari jalur logistik serta persiapan badan penyalur fatty acid methyl ester (FAME).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun serapan FAME untuk B20 hingga akhir tahun diperkirakan mencapai 6,6 juta kilo liter (KL) atau meningkat 6,5 persen dari perkiraan awal 6,2 juta KL. Toto mengatakan karena kebutuhan biodiesel masyarakat meningkat.
 
"Ekonomi bergerak, jadi banyak industri yang perlu tambahan BBM," jelas dia.
 
Sebelumnya Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral (Badan Litbang ESDM) bekerja sama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menyampaikan hasil road test B30.
 
"Sampai sejauh ini hasil road test B30 menunjukkan tidak ada perbedaan kinerja signifikan ketika kendaraan menggunakan bahan bakar B30 dan B20. Bahkan kendaraan berbahan bakar B30 menghasilkan tingkat emisi lebih rendah", jelas Kepala Badan Litbang ESDM, Dadan Kusdiana.
 
Dadan mengungkapkan, parameter yang diukur selama road test adalah konsumsi bahan bakar, daya, emisi, start ability dalam kondisi dingin, mutu bahan bakar, dan pelumas. Ia menyebut, salah satu output kegiatan road test ini adalah pengguna dan industri otomotif dapat menerima mandatori B30.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif