Masyarakat tidak Keberatan Ada Elpiji 3 Kg Nonsubsidi
Ilustrasi. (FOTO: MI/Bary)
Jakarta: Langkah PT Pertamina (persero) yang akan menjual liquefied petroleum gas (elpiji) nonsubsidi ukuran 3 kilogram (kg) per 1 Juli 2018 disambut positif.

Masyarakat menyukai varian produk teranyar tersebut lantaran dinilai lebih ekonomis. Meski membeli lebih mahal karena tidak disubsidi, mereka tidak keberatan.

"Ya kalau tabung gas melon itu kan disubsidi, untuk masyarakat tidak mampu, jelas harganya murah. Kalau nanti (elpiji 3 kg nonsubsidi) jadi dijual, tidak masalah kalau harganya berbeda," ujar Siti, warga Rawa Belong, Jakarta, kepada Media Indonesia, Minggu, 24 Juni 2018.

Senada, Rosiana yang tinggal di Kebon Jeruk, Jakarta, pun antusias menanti elpiji 3 kg nonsubsidi. Kehadiran produk gas berukuran kecil memberi lebih banyak opsi bagi masyarakat.

Pertamina sebelumnya telah meluncurkan tabung elpiji ukuran 5,5 kg yang lebih praktis dibawa ketimbang tabung elpiji ukuran 12 kg.

"Sebenarnya beli tabung elpiji 3 kg bukan masalah mampu atau tidak. Buat apa simpan gas banyak-banyak, mending beli gas ukuran kecil saja," kata Rosiana.

Dia berharap Pertamina tetap menjaga ketersediaan stok seusai meluncurkan elpiji tabung 3 kg nonsubsidi.

Sebelumnya, Plt Dirut Pertamina Nicke Widyawati mengatakan keha-diran gas kemasan praktis nonsubsidi itu akan menambah semarak varian elpiji dan dapat menjadi pilihan baru bagi masyarakat.

Penyaluran elpiji 3 kg nonsubsidi itu tidak akan mengganggu penyaluran elpiji 3 kg bersubsidi.

"Sama saja (penyaluran elpiji 3 kg bersubsidi), tidak ada masalah," ujarnya.

Di sisi lain, inisiatif yang dilakukan Pertamina itu ternyata rawan disalah-artikan sebagai bagian dari pencabutan subsidi elpiji bagi masyarakat.

Beberapa akun di dunia maya telah menyebarkan pesan bahwa hal itu sebagai langkah untuk mencabut subsidi elpiji 3 kg.

Padahal, saat ini elpiji 3 kg bersubsidi terus disediakan Pertamina dan anggaran subsidinya tidak dikurangi pemerintah. (Media Indonesia)



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id