Ilustrasi tambang batu bara. Foto: dok MI/Gino Hadi.
Ilustrasi tambang batu bara. Foto: dok MI/Gino Hadi.

Pengusaha Dukung Pembentukan Entitas Khusus Batu Bara

Ekonomi batu bara Kementerian ESDM Kadin Pengusaha
Annisa ayu artanti • 15 April 2022 11:47
Jakarta: Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Batubara Indonesia (Aspebindo) mendukung langkah pemerintah untuk membentuk entitas khusus batu bara. Ketua Umum Aspebindo Anggawira mengatakan, langkah pembuatan entitas batu bara tersebut dinilai lebih baik ketimbang skema saat ini yang kurang menarik bagi penambang. Terlebih, jika harga batu bara dunia naik.
 
Dengan adanya entitas baru ini para pemasok batu bara berpeluang menjual harga batu bara dengan harga pasar, sehingga pasar domestik kembali menarik.
 
"Pembentukan entitas batubara ini sangat baik untuk mendorong pemasok batubara memasarkan produknya di dalam negeri," kata Anggawira dalam keterangan tertulis, Jumat, 15 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anggawira mengakui, dengan mekanisme harga batu bara khusus atau Domestic Market Obligation (DMO) USD70 saat ini, pasar domestik kurang menarik bagi pengusaha batu bara dengan selisih harga yang tinggi. Sehingga diluar kewajiban DMO pengusaha lebih memilih menjual produknya ke pasar luar negeri.
 
Oleh karena itu ia berharap pembentukan entitas batu bara dapat menggairahkan pasar batu bara domestik sehingga pemerintah tidak kesulitan mencari batubara untuk kebutuhan energi.
 
Namun Anggawira mewanti-wanti bahwa perusahaan tambang memiliki beragam skala usaha sehingga perlu dilakukan perlakuan khusus bagi setiap skala usaha.
 
"Kalau kita lihat pemasok batubara bukan hanya perusahaan besar saja, banyak perusahaan kecil dan menengah yang justru berperan besar untuk menjaga pasokan batu bara. Untuk itu Kadin Indonesia perlu menggaet semua asosiasi batubara yang terdaftar baik skala besar dan kecil agar ikut terlibat di entitas ini" ujar Anggawira.
 
Sebelumnya, pemerintah Indonesia akan membentuk entitas khusus batu bara sebagai langkah strategis untuk menyelesaikan polemik pasokan domestik secara jangka panjang.
 
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyatakan entitas khusus batu bara akan dibentuk pada Juni 2022 dengan koordinasi langsung di bawah Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman dan Investasi. "Entitas khusus ini tetap dalam progres untuk bisa dilembagakan dan targetnya Juni," ujar Arifin.

 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif