Konsumsi BBM dan elpiji di Jamali meningkat jelang Tahun Baru 2019 (Foto: Medcom.id/Desi Angriani)
Konsumsi BBM dan elpiji di Jamali meningkat jelang Tahun Baru 2019 (Foto: Medcom.id/Desi Angriani)

Konsumsi BBM-Elpiji Jamali Naik Jelang Tahun Baru

Ekonomi pertamina bbm stok bbm stok elpiji harga bbm
Desi Angriani • 27 Desember 2018 10:47
Karangasem: Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Jawa Timur-Bali-Nusa Tenggara mencatat adanya kenaikan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan elpiji di Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) menjelang Tahun Baru 2019.
 
Direktur Jendral Minyak dan Gas Kementerian ESDM Djoko Siswanto menuturkan hingga 24 Desember 2018, konsumsi BBM jenis gasoline (bensin) terus meningkat di Jamali, sedangkan untuk BBM jenis gasoil hanya meningkat di beberapa wilayah.
 
"Konsumsi BBM dan elpiji bersubsidi maupun nonsubsidi turut mengalami kenaikan (di Jamali)," katanya, di Terminal BBM Manggis, Karangasem, Bali, Kamis, 27 Desember 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk konsumsi elpiji bersubsidi tercatat naik sembilan persen dari rata-rata penjualan 4.645 Metric Ton (MT) menjadi 5.075 MT. Begitu pula konsumsi elpiji nonsubsidi yang mengalami peningkatan sebesar tiga persen dari rata-rata penjualan 330 MT menjadi 340 MT.
 
Adapun penyaluran avtur di wilayah Jamali mengalami puncak konsumsi pada 20 Desember 2018, dengan total konsumsi mencapai 4.645 KL. Untuk realisasi avtur di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Juanda Surabaya mencapai tingkat konsumsi tertinggi dengan angka penyaluran 1340 KL, serta di DPPU Ngurah Rai Bali dengan angka penyaluran 2800 KL.
 
"Kenaikan cukup tinggi hingga 50 persen terjadi di DPPU Komodo, pada 21 dan 22 Desember 2018," imbuh dia.
 
Sebelumnya, Pertamina memprediksi konsumsi avtur tertinggi menjelang libur Tahun Baru 2019 terjadi pada 28 Desember 2018 di DPPU Juanda, dan 2 Januari di DPPU Ngurah Rai. Menghadapi potensi kenaikan konsumsi, Pertamina telah memastikan ketersediaan stok avtur di seluruh DPPU serta mengoptimalkan kehandalan sarana dan fasilitas di seluruh unit operasi.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif