Ilustrasi pembangkit listrik. FOTO: dok PLN
Ilustrasi pembangkit listrik. FOTO: dok PLN

Pemerintah Pastikan Belum Ada Rencana Kenaikan Harga Listrik dan Gas

Ekonomi gas elpiji kenaikan harga bbm tarif listrik
Eko Nordiansyah • 13 Februari 2020 18:24
Jakarta: Pemerintah memastikan belum ada rencana penaikan harga gas, tarif dasar listrik, hingga bahan bakar minyak (BBM). Pasalnya, rencana tersebut belum dibahas ditingkat menteri maupun Presiden Joko Widodo.
 
Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan banyak menteri heran dengan wacana kenaikan itu. Padahal belum ada pembahasan soal penaikan harga gas, listrik, dan BBM.
 
"Kita belum pernah merapatkan, koordinasikan. Maka itu justru para menteri tadi heran karena tidak pernah rapat, kok ada keluar isu kenaikan harga gas," katanya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis, 13 Februari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan kebijakan strategis yang berdampak luas kepada masyarakat merupakan wewenang presiden. Rencana kenaikan tersebut harus melalui pembahasan di tingkat menteri. Bahkan rapat terbatas (ratas) dengan presiden.

 
"Selalu diingatkan para bapak ibu menteri, kalau segala sesuatu berdampak ke masyarakat apalagi naikkan harga BBM, listrik, gas itu akan jadi arahan presiden. Belum ada cerita gas naik, di rakor saja belum ada," jelas dia.
 
Sebelumnya, beredar kabar kenaikan harga gas elpiji akibat pencabutan subsidi. Namun Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menegaskan tidak ada rencana untuk mencabut dan menaikkan harga subsidi elpiji.
 
Tak hanya gas, pemerintah juga sudah memastikan tidak ada penaikan tarif tenaga listrik bagi pelanggan nonsubsidi pada periode Januari-Maret 2020. Besaran tarif sama dengan yang diberlakukan pada periode sebelumnya.
 
Sementara untuk harga BBM, PT Pertamina (Persero) jsutru menurunkan harga jual BBM Umum di awal 2020. Penyesuaian harga terjadi pada BBM nonsubsidi yakni Pertamax dan Dex Series.

 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif