PT Pertamina (Persero) dan Rosneft menandatangani kerangka kerja sama (framework agreement) pembangunan Grass Root Refinery (GRR) Tuban, Jawa Timur. MTVN/Husen Mth.
PT Pertamina (Persero) dan Rosneft menandatangani kerangka kerja sama (framework agreement) pembangunan Grass Root Refinery (GRR) Tuban, Jawa Timur. MTVN/Husen Mth.

Menunggu Lama, Akhirnya Pertamina-Rosneft Kerja sama Bangun Kilang Tuban

Ekonomi kilang tuban
Annisa ayu artanti • 26 Mei 2016 20:15
medcom.id, Jakarta: PT Pertamina (Persero) dan Rosneft menandatangani kerangka kerja sama (framework agreement) pembangunan Grass Root Refinery (GRR) Tuban, Jawa Timur.
 
Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto mengatakan, dengan skema good corporate governance (gcg), perseroan sudah melakukan proses seleksi untuk mencari partner pembangunan proyek kilang minyak Tuban ini. Partner potensial diseleksi berdasarkan enam faktor yang diantaranya adalah faktor kelayakan dan kekuatan sehingga mendukung percepatan pembangunan kilang tersebut.
 
"Kami telah laksanakan proses seleksi untuk cari partner untuk bangun proyek kilang baru di Tuban. Dalam proses tersebut Rosneft yang menunjukan berbagai keunggulan untuk bermitra dengan Pertamina," kata Dwi di Kantor Pusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Kamis (26/5/2016).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dwi menjelaskan, pemilihan Rosneft sebagai pemenang lelang karena Rosneft merupakan perusahaan migas yang terbesar di Dunia dan memiliki pengalaman pembangunan dan pengembangan kilang yang sangat signifikan. Selain itu, Rosneft juga menawarkan share bagi Pertamina untuk bisa berpartisipasi dalam investasi atau memiliki porsi produksi minyak mentah di Rusia.
 
"OJSC Rosneft Oil Company telah menunjukkan komitmen untuk membantu Pertamina dan Indonesia dalam mencapai tujuannya," ucap Dwi.
 
Sementara itu, Direktur Pengolahan Pertamina, Rachmad Hardadi menuturkan, Rosneft menawarkan data data eksklusif yang dapat mempercepat perkembangan proyek GRR Tuban serta hak eksklusif untuk bekerjasama di sektor hulu di Rusia.
 
Sekadar informasi, perusahaan BUMN minyak dan gas (migas) asal Rusia ini akhirnya telah memenangi tender partner kilang Tuban mengalahkan empat pesaingya Saudi Aramco dari Arab Saudi, Kuwait Petroleum Inc dari Kuwait, Sinopec dari China, dan konsorsium Hail Oil Thailand dan PTT GC Thailand.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif