Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: MI/Ramdani.
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: MI/Ramdani.

Karena Akhlak, Alasan Erick Tunjuk Orias Jadi Dirut Mind ID

Ekonomi inalum Pergantian Direksi BUMN
Annisa ayu artanti • 25 November 2019 13:57
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terpesona pada akhlak yang dimiliki Orias Petrus Moedak.
 
Alhasil, ini menjadi alasan utama Erick menunjuknya sebagai direktur utama holding industri pertambangan atau Mining Industry Indonesia (Mind ID) menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang ditugaskan Presiden Joko Widodo sebagai wakil menteri BUMN.
 
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengaku dalam memutuskan Orias sebagai direktur utama Mind ID, Erick Thohir mempertimbangkan banyak hal. Mulai dari kemampuan dan pengetahuan di pertambangan sampai akhlak Orias yang dinilai Erick baik.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Erick, Orias merupakan orang yang lurus dan berakhlak sangat kuat. Ditambah, dia pernah menjabat sebagai wakil direktur utama PT Freeport Indonesia, sehingga mengetahui pengetahuan pertambangan.
 
"Pak Orias ini kan punya kemampuan di pertambangan sangat baik. Orangnya lurus dan rekam jejak sangat baik. Punya kemampuan dan pengetahuan mengenai pertambangan juga oke dan Kata Pak Erick Thohir akhlaknya oke," kata Arya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin, 25 November 2019.
 
Kiprah Orias dalam menjadi direksi perusahaan pun BUMN tidak perlu dipertanyakan. Putra asli Nusa Tenggara Timur (NTT) ini pernah menjabat sebagai direktur keuagan PT Pelindo II (Persero) pada 2014. Kemudian atas kinerjanya, pada 2016 Menteri BUMN Kabinet Kerja Rini Soemarno mengangkat Orias menjadi direktur utama PT Pelindo III (Persero).
 
Menurut Orias saat itu, sebagai orang yang bekerja di BUMN harus siap ditempatkan dimana saja. Setelah menjadi direktur utama Pelindo III, Orias dipercaya sebagai wakil direktur utama PT Freeport Indonesia.
 
Usai menerima Surat Keputusan Menteri BUMN, ditemui di tempat yang sama, Orias mengaku, akan melanjutkan visi dan misi Mind ID dan meralisasikan divestasi PT Vale Indonesia Tbk sebesar 20 persen.
 
Menurutnya, penyelesaian dievestasi saham Vale tersebut merupakan tugas besarnya. "Ya jalankan amanah, apa yang sudah ada kita lanjutkan, seperti penyelesaian Vale. Vale-nya yang besar ya. Hal-hal lain melanjutkan yang sudah ada sesuai dengan visi misi Mind ID," jelas Orias.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif