Ilustrasi tambang Freeport. (FOTO: AFP)
Ilustrasi tambang Freeport. (FOTO: AFP)

Freeport Mulai Konstruksi Smelter di Gresik 2020

Ekonomi freeport smelter
Suci Sedya Utami • 12 Juni 2019 16:32
Jakarta: PT Freeport Indonesia (PTFI) telah menetapkan lokasi untuk dijadikan fasilitas pemurnian dan pengolahan (smelter) tambang di Gresik, Jawa Timur. Rencananya pembangunan smelter bakal dimulai pada tahun depan.
 
Direktur Utama PTFI Tony Wenas mengatakan saat ini progres persiapannya sudah mencapai 3,86 persen yakni terkait pematangan lahan dengan memadatkan tanah.
 
"Lokasinya di Gresik di Pelabuhan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) punya Pelindo sama AKR," kata Tony ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Rabu, 12 Juni 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam kesempatan yang sama, Vice President Corporate Communication PTFI Riza Pratama mengatakan konstruksi akan dimulai pada pertengahan 2020 di lahan sekitar 100 hektare (ha). Riza bilang PTFI akan menggarap mandirismelter tersebut.
 
"Sipilnya pembangunannya mungkin pertengahan 2020," kata Riza.
 
Lebih lanjut, Riza bilang pembangunannya ditargetkan selesai pada akhir 2023. Nantinya kapasitas smelter tersebut siap menampung dua juta ton konsentrat per tahun.
 
CEO Freeport McMoran Richard Adkerson sebelumnya menyatakan berkomitmen untuk membangun smelter dalam lima tahun ke depan. Pembangunan smelter, kata dia, seperti yang diinginkan pemerintah.
 
"Kami akan membangun smelter seperti yang diminta Bapak Presiden dan kami akan selesaikan dalam lima tahun ke depan," kata Adkerson.
 
Freeport juga akan menggelontorkan investasi sebesar USD20 miliar hingga 2041.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif