Bupati Kepulauan Tanimbar Maluku Petrus Fatlolon. FOTO: Medcom.id/Sholahadhin Azhar)
Bupati Kepulauan Tanimbar Maluku Petrus Fatlolon. FOTO: Medcom.id/Sholahadhin Azhar)

Lahan 1.500 Ha Disiapkan untuk Kelola Blok Masela

Ekonomi blok masela
M Sholahadhin Azhar • 25 September 2019 13:04
Jakarta: Bupati Kepulauan Tanimbar, Maluku, Petrus Fatlolon, berkomitmen untuk mengelola Blok Masela. Langkah awal, pihaknya akan menyiapkan lahan.
 
"SKK Migas sudah menyurati saya supaya minta lahan 1.500 hektare (ha) untuk pengembangan Blok Masela," kata Petrus saat audiensi media di Grand Lobby Metro TV, Kedoya, Jakarta Barat, Rabu, 25 September 2019.
 
Dalam kerja sama antara Kementerian ESDM dan Inpex Corporation sebagai pengembang, disepakati investasi sebesar USD20 miliar akan digelontorkan. Petrus berharap Kepulauan Tanimbar bisa ditetapkan sebagai daerah penghasil terkait industri minyak dan gas di Blok Masela.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, saat ini ada proses Analisis Dampak Lingkungan atau Amdal di 300 ha lahan dari 1.500 ha yang disiapkan. Diharapkan pada 2020 pembebasan lahan sudah mulai dilakukan.
 
Petrus menjamin tak akan ada masalah berarti terkait pembebasan lahan ini. Sebab harga tanah per meter di wilayah kerjanya masih terhitung murah, yakni Rp10 ribu hingga Rp15 ribu per meter.
 
Menurut dia, yang menjadi tantangan saat ini adalah menyiapkan putra daerah untuk ikut berpartisipasi di Blok Masela. Sejauh ini, sudah ada puluhan pemuda disekolahkan Petrus ke Cepu, Bojonegoro.
 
"Ada 25 orang per tahun dikirim ke Cepu, mereka sekolah soal migas di sana," kata dia.
 
Persiapan ini penting, kata dia, sebab Presiden Joko Widodo menginginkan percepatan pengelolaan Blok Masela. Supaya pada 2024, situs penghasil minyak dan gas itu bisa berproduksi.
 
Petrus mengungkapkan nantinya di Kepulauan Tanimbar akan kedatangan banyak pekerja. Diperkirakan 40 ribu hingga 50 ribu orang bakal bekerja di Blok Masela dan menetap di wilayahnya.
 
"Makanya, tantangan saya ini bagaimana menyiapkan putra daerah di sana supaya bisa memenuhi spesifikasi yang diminta," kata Petrus.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif