Menteri BUMN Rini Soemarno. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)
Menteri BUMN Rini Soemarno. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)

Menteri Rini Sebut Hitung Penurunan Harga Avtur

Ekonomi Avtur
Suci Sedya Utami • 13 Februari 2019 14:08
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memastikan harga avtur yang dijual oleh PT Pertamina (Persero) bisa diturunkan.
 
Rini mengatakan saat ini Pertamina tengah menghitung berapa besaran harga avtur yang bisa diturunkan. Dia bilang hal ini mengacu atau mengikuti aturan pemerintah.
 
"Kita sekarang sedang lihat kalau ini bisa turun sampai berapa," kata Rini di Jakarta, Rabu, 13 Februari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan telah menetapkan aturan mengenai batas atas harga jual eceran bahan bakar minyak untuk penerbangan atau avtur.
 
Formula perhitungan harga dasar ini nantinya dipergunakan oleh badan usaha sebagai pedoman untuk menetapkan harga jual avtur yang disalurkan melalui depot pengisian pesawat udara kepada maskapai penerbangan berbadan hukum Indonesia di titik serah. Dalam menetapkan harga jual eceran avtur tersebut, ditetapkan batas atas margin sebesar 10 persen dari harga dasar.
 
Baca juga: PPN Avtur Indonesia Akan Disetarakan dengan Negara Lain
 
Rini menambahkan kalkulasi penurunan harga avtur juga akan melihat perkembangan dari pergerakan Mean of Platts Singapore (MoPS) atau rata-rata harga produk minyak di Singapura yang diterbitkan oleh Platts yang merupakan penyedia energi global.
 
"Baru saja Pak Menteri ESDM mengeluarkan formula maksimum margin 10 persen, nah karena formula dasarnya dari MoPS, jadi MoPS itu sekarang sedamh kita lihat, sekarang lagi menurun," jelas Rini.
 
Presiden Joko Widodo sebelumnya akan memanggil Direktur PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati terkait permasalahan tingginya harga avtur. Jokowi meminta agar harga Avtur diturunkan.
 
Jokowi mengatakan harga yang tinggi disebabkan karena monopoli penjualan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut. Ia mengatakan harga avtur sangat memengaruhi biaya penerbangan dan berimbas pada harga tiket pesawat.
 
"Karena harga avtur itu menyangkut 40 persen dari biaya yang ada di tiket pesawat. Besok (Selasa) saya panggil saja (Pertamina)," kata Jokowi, Senin kemarin.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif