Ilustrasi. (FOTO: MI/Panca Syurkani)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Panca Syurkani)

Dua Perusahaan Tambang Diizinkan Ekspor Lagi

Ekonomi ekspor minerba kementerian esdm izin lokasi tambang
Suci Sedya Utami • 04 Desember 2018 19:57
Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencabut larangan atau penghentian ekspor mineral bagi dua perusahaan tambang. Dengan pencabutan ini dua perusahaan tersebut bisa mengekspor kembali.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan sebelumnya ada empat perusahaan yang dihentikan izin ekspornya. Mereka di antaranya PT Lobindo Nusa Persada untuk ekspor bauksit, PT Surya Saga Utama ekspor nikel, PT Integra Mining Nusantara ekspor nikel dan PT Cahaya Modern Metal Industri ekspor nikel.

"Dari empat itu, dua telah memenuhi kewajiban agar dicabut penghentian ekspornya dan sudah disetujui bisa ekspor lagi," kata Agung di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Selasa, 4 Desember 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Dua perusahaan tersebut kata Agung yakni PT Integra Mining Nusantara dan PT Cahaya November. Agung bilang dua perusahaan tersebut sudah bisa mengekspor mineral sejak November. Dia bilang dua perusahaan tersebut telah menyampaikan perkembangan pembangunan pabrik pemurnian dan pengolahan (smelter) sesuai target. Sementara untuk dua perusahaan lainnya, masih kata Agung, masa rekomendasi ekspornya telah berakhir otomatis dan tidak bisa ekspor.

"Kalau pembangunan smelter tidak sesuai harapan artinya dia melanggar komitmen," jelas Agung.

 


(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi