Gedung Kementerian ESDM (Foto: Setkab)
Gedung Kementerian ESDM (Foto: Setkab)

2018, KESDM Yakin PNBP Minerba Lampaui Target

Ekonomi minerba kementerian esdm
Annisa ayu artanti • 18 Desember 2018 12:33
Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memprediksi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sektor mineral dan batu bara (minerba) hingga akhir 2018 bisa melebihi target yang ditetapkan.
 
"Sampai minggu kedua Desember kemarin kita Rp46,6 triliun," sebut Direktur Penerimaan Minerba Kementerian ESDM Johnson Pakpahan, di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa, 18 Desember 2018.
 
Capaian ini membuat optimisme bahwa PNBP minerba kembali melebihi target di tahun ini. Pasalnya, capaian ini sudah jauh di atas target tahun ini yang sebesar Rp32,06 triliun dan melampaui realisasi tahun lalu sebesar Rp40,6 triliun.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita mau targetnya di atas Rp47 triliun. Jadi Rp48 triliun lah. Karena sekarang Rp46,6 triliun tapi agak susah juga. Jadi Rp47 triliun lah," ujar dia.
 
Johnson menyebutkan tercapainya target ini dipicu karena naiknya harga komoditas dan kepatuhan perusahaan-perusahaan tambang dalam membayar kewajiban. "Masalahnya kan harga bagus, tapi sekarang ini kan harga turun dan sebenarnya kepatuhan perusahaan sudah semakin banyak," ungkap dia.
 
Tahun depan, ia berharap, realisasi PNBP minerba bisa mencapai target seperti tahun-tahun sebelumnya jika harga, kualitas, dan tingkat produksi konstan. "Faktornya harga kualitas produksi. Kalau itu konstan, kita bisa mencapai itu, direalisasi itu," sebut dia.
 
Seperti diketahui, dalam target APBN 2019, pemerintah menargetkan PNBP sektor minerba mencapai Rp40 triliun. Capaian itu dengan menghitung asumsi harga batu bara berada dikisaran USD80 per ton dan produksi mencapai 530 juta ton.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif