Ilustrasi. FOTO: Medcom.id.
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id.

Menteri ESDM Baru Diharap Bisa Memenuhi Tiga Kriteria

Ekonomi kabinet jokowi kabinet kerja
Suci Sedya Utami • 11 Oktober 2019 20:19
Jakarta: Pengamat energi dari Reforminer Institute Komaidi Notonegoro berharap Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang dipilih dalam pemerintahan presiden-wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin dapat memenuhi tiga kriteria.
 
Pertama, kata Komaidi, figur tersebut harus merupakan orang yang mengerti masalah teknis di sektor energi. Kedua dibutuhkan figur yang memiliki kepemimpinan kuat untuk memimpin sektor ini, sebab kata dia tantangan di sektor ESDM cukup besar.
 
Ketiga, merupakan figur yang dapat diterima secara politik. Artinya sosok tersebut memiliki posisi tawar atau bargaining position yang kuat untuk melakukan lobi-lobi politik, termasuk depan parlemen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Figur seperti ini saat ini relatif langka," kata Komaidi pada Medcom.id, Jumat, 11 Oktober 2019.
 
Figur menteri saat ini apabila ditinjau memang memenuhi beberapa kriteria tersebut. Ignasius Jonan yang menjabat sebagai Menteri ESDM saat ini memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. Hal ini bisa dilihat dari pengalaman Jonan dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin di beberapa tempat salah satunya ketika memimpin PT KAI. Jonan dianggap berhasil mengubah wajah KAI makin baik.
 
Dalam hal politik, Jonan relatif tidak memiliki masalah dengan DPR. Setiap rapat-rapat bersama parlemen cenderung berjalan mulus tanpa ada pertentangan atau perdebatan dengan tensi tinggi. Namun, Komaidi menganggap nasib Jonan ke depan akan tergantung pada keputusan Jokowi.
 
"Kalau itu prerogatif Presiden," ujar Komaidi.
 
Jokowi dan Ma'ruf bakal dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 pada Minggu, 20 Oktober 2019. Untuk membantu kerjanya di pemerintahan, Jokowi telah memilih dan menyiapkan nama-nama calon menteri dalam Kabinet Kerja Jilid II.
 
Jokowi pun sudah membocorkan gambaran calon menterinya. Namun dirinya belum mau mendetailkan nama para pembantunya tersebut.
 
Adapun beberapa nama telah beredar dan disebut-sebut akan menduduki posisi Menteri ESDM kendati belum bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Nama-nama yang muncul yakni Ignasius Jonan, Budi Gunadi Sadikin (Direktur Utama MIND ID atau Inalum), hingga Johnny G Plate (Sekjen Partai NasDem).
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif