Illustrasi. MI/PANCA SYURKANI.
Illustrasi. MI/PANCA SYURKANI.

Pertalite & Dexlite, Strategi Ubah Masyarakat Membeli BBM Nonsubsidi

Ekonomi pertalite
12 Juni 2016 14:42
medcom.id, Padang: Direktur Pemasaran PT Pertamina Region I Sumatera Bagian Utara Cabang Sumatera Barat, Ahmad Bambang mengungkapkan Dexlite merupakan cara untuk mentransisi kebiasaan masyarakat yang lebih tertarik membeli bahan bakar subsudi daripada bahan bakar nonsubsidi.
 
"Apapun jenis produk Pertamina yang baru-baru ini dipasarkan, seperti Pertalite dan Dexlite sebenarnya agar masyarakat secara bertahap menggunakan bahan bakar nonsubsidi," katanya dikutip dari Antara, Minggu (12/6/2016).
 
Ahmad mejelaskan, biasanya masyarakat membeli premium dan solar yang harganya murah karena disubsidi dan sedikit dari masyarakat membeli Pertamax dan Pertamina Dex yang harganya mahal karena nonsubsidi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan adanya Pertalite dan Dexlite secara bertahap masyarakat akan terbiasa dengan bahan bakar nonsubsidi sehingga bisa menyelamatkan keuangan negara," katanya.
 
Ahmad mengatakan tujuan dari adanya Pertalite dan Dexlite ialah melihat dari perkembangan dunia yang membuat lingkungan lebih baik namun terkendala pada harga Pertamax dan Pertamina Dex yang dianggap masyarakat terlalu mahal.
 
"Maka dibuat lah Pertalite dan Dexlite untuk menjawab kendala tersebut sehingga secara bertahap kita dapat merubah pemikiran masyarakat dan tidak menggunakan bahan bakar subsidi lagi," ujarnya.
 
Ia menambahkan jangan dilihat dari harganya yang sedikit lebih mahal dari solar yang disubsidi tapi lihat dari kilometer (km) dan performa mesin.
 
Salah seorang mahasiswa Universitas Negeri Padang asal Payakumbuh, Gepy Aldrinata, mengatakan cara yang digunakan Pertamina menarik kerena mengajak masyarakat menggunakan bahan bakar subsidi secara bertahap.
 
"Biasanya orang kalau diperlakukan secara paksa tentu ia tidak terima dan bahkan marah, tapi kalau dilakukan secara kelembutan maka sedikit demi sedikit pasti akan luluh dan perubahan pola pikir yang ingin dicapai Pertamina bisa terwujud," katanya saat mengisi bahan bakar di SPBU tempat uji coba pemasaran bahan bakar Dexlite, Padang.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif