Dirut Pertamina Dwi Soetjipto. (FOTO: MTVN/Husen Miftahudin)
Dirut Pertamina Dwi Soetjipto. (FOTO: MTVN/Husen Miftahudin)

Pertamina-ESDM-Rosneft Bahas Kilang Tuban

Ekonomi kilang tuban
Annisa ayu artanti • 27 April 2016 18:09
medcom.id, Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama PT Pertamina (Persero) melakukan penjajakan dengan perusahaan minyak Rusia, Rosneft terkait dengan pembangunan kilang Tuban.
 
Usai pertemuan yang dilakukan hari ini, Direktur Utama Pertamina Dwi Soejipto mengaku telah berbicara terkait pembangunan kilang Tuban kepada Chairman dan CEO Rosneft dengan difasilitasi oleh Menteri ESDM Sudirman Said.
 
Dwi mengakui, Rosneft merupakan salah satu partner yang masuk dalam kualifikasi partner yang sedang dicari oleh Pertamina untuk pembangunan kilang Tuban selain dari Saudi Aramco yang sebelumnya digadang-gadang menjadi kandidat kuat.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami diaudiensi dengan Menteri ESDM, karena Rosneft dalam proses calon partner pengembangan kilang dari Rusia. Rosneft salah satu prefer bidder (pemenang lelang)," kata Dwi, usai pertemuan di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (27/4/2016).
 
Dalam pembahasannya, Dwi menjelaskan ada beberapa topik yang memang menjadi pembahasan utama baik dari pihak Pertamina dan Rosneft. Topik yang dilemparkan Pertamina di antaranya tingkat keekonomian, finansial, dan mekanisme. Sedangkan dari pihak Rosneft adalah mengenai penawaran suplai komoditas ke Pertamina dan bisnis upstream di Rusia.
 
"Mengenai masalah tingkat keekonomian, financing, masalah mekanismenya. Juga dengan Rosneft juga menawarkan tiga isu, bagaimana Rosneft menyuplai komoditi ke Pertamina, Rosneft menawarkan bisnis di onstream Rusia," jelas dia.
 
Menurutnya, pertemuan tersebut akan menjadi pertimbangan di mana mendatang untuk pembangunan kilang Tuban. "Ini kita masih butuh pendalaman agar bisa selesaikan isu penting nanti jalan. Jangan kita umunkan pemenang tapi setelah itu nanti perjalanannya tidak berjalan," tutup dia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif