Pertamina Pastikan Bayar Bonus Blok Rokan Pakai Dolar

Suci Sedya Utami 28 November 2018 22:30 WIB
pertaminaBlok Rokan
Pertamina Pastikan Bayar Bonus Blok Rokan Pakai Dolar
Ilustrasi Pertamina. (FOTO: MI/Sumaryanto)
Jakarta: PT Pertamina (Persero) memastikan bakal membayar bonus tanda tangan Blok Rokan menggunakan mata uang dolar Amerika Serikat (USD). Perusahaan migas pelat merah itu  dijadwalkan membayar bonus tersebut sebelum akhir 2019.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan pihaknya tetap menggunakan USD sesuai dengan ketentuan yang berlaku. "Pakai dolar, enggak masalah sesuai apa yang sudah disepakati," kata Nicke ditemui di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu, 28 November 2018.

Sebagai informasi, Pertamina harus membayarkan bonus tanda tangan yang mereka janjikan pada saat mengajukan proposal ketertarikan untuk mengelola Blok Rokan sebesar USD783 juta atau sekitar Rp11,3 triliun. Bonus tanda tangan nantinya akan masuk sebagai penerimaan negara bukan pajak (PNBP) ke kas pemerintah.

Bonus tersebut ditargetkan perseroan bisa segera dibayarkan sebelum tutup tahun 2018. Untuk membayarkan bonus tanda tangan, salah satu upaya yang dilakukan Pertamina yakni menerbitkan obligasi global senilai USD750 juta atau sekitar Rp11,25 triliun.

Sebelumnya, pemerintah memutuskan PT Pertamina (Persero) sebagai pemenang penawaran untuk mengelola Blok Rokan di Riau selama 20 tahun ke depan dari 2021 hingga 2041.

Pertamina akan mengambil alih pengelolaan blok migas terbesar di Tanah Air ini dari Chevron Pacific Indonesia yang saat ini memegang kelola hingga 2021.

"Pemerintah lewat Menteri ESDM menetapkan pengelolaanbn Blok Rokan mulai 2021 selama 20 tahun ke depan akan diberikan pada Pertamina," kata Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar.

Chevron telah mengelola Blok Rokan sejak 1971 hingga 2021 atau kurang lebih 50 tahun. Arcandra bilang dalam pengelolaan Chevron produksi yang dihasilkan oleh blok ini sebesar 200 ribu barel per hari.
 




(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id