Izin Operasional BBM Satu Harga Perlu Dipercepat
Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa (kanan) saat meresmikan operasi penuh titik ke-78 penyalur yang menerapkan program BBM satu harga (Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo)
Lampung: Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) meminta pemerintah daerah bersinergi dalam oprasional program Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga. Percepatan pembangunan di wilayah tertinggal, terluar dan terdepan (3T) Indonesia perlu mendapat prioritas.

"Titik ke-78 sudah diresmikan, tapi yang sudah uji operasi ada 114, memamg karena perizinan bupatinya ini (oprasional penuh) masih terkendala," ujar Kepala BPS Migas Fanshurullah saat meresmikan titik ke-78 BBM satu harga di Kecamatan Bandar Negeri Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Jumat, 26 Oktober 2018.

Fasilitas fisik yang telah ada di beberapa titik penyalur BBM satu harga saat ini masih terkendala perizinan seperti Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL). Selain itu, di beberapa kawasan juga pemberian izin mendirikan bangunan (IMB) tak kunjung direspons pemerintah daerah setempat.

Fanshurullah mengaku telah meminta dukungan langsung Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo terkait perizinan daerah untuk operasional SPBU BBM satu harga. Target oprasional program di 130 titik hingga 2019 ini perlu diupayakan maksimal sesuai dengan peta jalan yang diamanatkan Presiden Joko Widodo.

"Nah kami imbau kepada para bupati, kami sudah pegang list-nya, saya sudah kirim surat ke Menteri ESDM, sudah mengirim surat ke Mendagri dan tembusannya ke Presiden untuk minta percepat izinnya untuk dipercepat karena menyangkut kesejahteraan rakyat," ungkapnya.

Dengan pendekatan yang optimal, ia tetap optimistis target kehadiran lembaga penyalur BBM satu harga bisa terealisasi hingga batas waktu yang dicanangkan. Sinergi pemerintah pun perlu juga dilakukan pihak swasta sebagai investor maupun pengelola.  

"Mencari investor di wilayah 3T tidak gampang karena kan mereka ukur investasi dan juga infrastrukturnya," pungkasnya.



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id