Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar (MI/ROMMY PUJIANTO)
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar (MI/ROMMY PUJIANTO)

Wamen ESDM Bantah BBM Satu Harga Rugikan Pertamina

Ekonomi kementerian esdm bbm satu harga
26 Februari 2019 13:04
Tuapejat: Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Archandra Tahar membantah PT Pertamina (Persero) merugi karena program Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah. Adapun program tersebut diberlakukan dengan harapan adanya keadilan dari segi energi.
 
"Banyak saya temukan ada isu Pertamina mengalami kerugian karena terbebani dana pengangkutan minyak ke seluruh Indonesia namun menjual dengan harga yang sama," kata dia, saat meresmikan BBM Satu Harga di Tua Pejat, Mentawai, Sumatera Barat, seperti dikutip Antara, Selasa, 26 Februari 2019.
 
Ia mengatakan soal bangkrutnya PT Pertamina itu hanya isu semata dan ada pihak yang sengaja menyebar melalui aplikasi grup-grup whatsapp dan membuat masyarakat percaya akan hal tersebut. Dalam konteks ini, masyarakat sepantasnya tidak langsung percaya begitu saja.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya memberikan contoh pemerintah baru saja berhasil melakukan nasionalisasi Blok Rokan yakni blok yang dulunya diolah oleh PT Chevron di Provinsi Riau, dan kedepannya Pertamina akan melakukan eksplorasi di blok tersebut.
 
Ia memprediksi dari Blok Rokan, dari sisi pendapatan saja dalam 20 tahun mendatang mencapai Rp800 trilun dan diperkirakan dalam satu tahun blok tersebut mampu menghasilkan uang untuk Pertamina sebesar Rp40 triliun.
 
Sementara dana yang dibutuhkan untuk membangun SPBU di 131 titik pada 2017 dan akan bertambah menjadi sekitar 170 titik pada 2019 sekitar Rp800 miliar. Menurut dia dana yang dikeluarkan relatif sangat sedikit dibandingkan dengan keuntungan yang akan didapatkan Pertamina dalam beberapa tahun mendatang.
 
"Jadi tentu tidak benar Pertamina merugi dengan program tersebut karena keuntungan dari satu blok saja cukup besar," kata dia.
 
Apalagi selain menjadi Wakil Menteri ESDM, Arcanra juga merupakan Wakil Komisaris Utama Pertamina sehingga dirinya mendapatkan laporan keuangan Pertamina dan sangat mengetahui jika merugi. Program BBM Satu Harga merupakan program Presiden Joko Widodo dalam mewujudkan sila kelima Pancasila yakni keadilan sosial bagi seluruh masyarakat.
 
Presiden memberikan penugasan kepada Pertamina untuk menjual bahan bakar secara satu harga kepada seluruh rakyat Indonesia. "Ini yang sedang dilaksanakan dan sejauh ini program terus berjalan dengan baik dan Pertamina tidak ada mengalami kerugian," pungkasnya.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif