Ilustrasi batu bara. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Ilustrasi batu bara. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Sektor Minerba Berupaya lebih Transparan

Ekonomi minerba
22 Juni 2017 10:20
medcom.id, Jakarta: Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berupaya mewujudkan transparansi keuangan dan menertibkan perizinan pertambangan.
 
Salah satu caranya ialah dengan meluncurkan sistem penerimaan negara bukan pajak berbasis elektronik (PNBP-E). Selain itu, mereka juga berupaya menuntaskan sejumlah izin usaha pertambangan yang bermasalah.
 
"Kami sedang berupaya mewujudkan transparansi di Ditjen Minerba. Salah satunya kita akan segera meluncurkan PNBP-E karena nanti Oktober targetnya pelayanan hanya melalui online," jelas Direktur Jenderal Minerba, Bambang Gatot Ariyono, saat menerima kunjungan pimpinan redaksi Media Indonesia, di Gedung Ditjen Minerba, Jakarta, Rabu 21 Juni 2017.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sistem PNBP-E dilengkapi dengan otomatisasi penghitungan oleh mesin penghitung sehingga diharapkan tidak ada lagi wajib bayar berhubungan langsung dengan pegawai.
 


 
"Ini dalam rangka peningkatan akuntabilitas dan kualitas pengelolaan PNBP untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan pada pembayaran PNBP mineral dan batu bara yang lebih baik," kata Bambang.
 
Pada kesempatan tersebut hadir Sekretaris Direktorat Jenderal Minerba Iwan Prasetya Adhi, Direktur Pembinaan Peng-usahaan Mineral, Bambang Susigit, dan Direktur Pembinaan Pengusahaan Batu Bara, Agung Pribadi. Selain itu hadir Direktur Pemberitaan/Penanggung Jawab Media Indonesia, Usman Kansong dan jajaran redaksi Media Indonesia.
 
Dalam kesempatan tersebut, Direktur Pemberitaan Media Indonesia, Usman Kansong menilai, Ditjen Minerba sangat diharapkan dapat menarik lebih banyak lagi investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Dengan begitu, angka pertumbungan ekonomi bisa naik dan berimbas terhadap kesejahteraan masyarakat.
 
Namun, Usman mengingatkan Ditjen Minerba menjaga komitmennya terkait jaminan pascatambang dan reklamasi agar warga tidak dirugikan kegiatan tambang minerba. (Media Indonesia)
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif