Ilustrasi kegelapan. Foto : MI/Erlangga.
Ilustrasi kegelapan. Foto : MI/Erlangga.

Ekspor Gas tapi Desa di Indonesia Masih Gelap Gulita

Ekonomi lng
Suci Sedya Utami • 05 Desember 2019 19:26
Jakarta: Kebijakan untuk ekspor gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG) dikritik meskipun pada 2023 pemerintah akan menyetop pasokan gas yang dialirkan oleh kontrak ConocoPhillips di blok Corridor ke Singapura.
 
Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Alex Noerdin pun menjadi salah satu pihak yang tidak setuju gas hasil produksi di tanah air diekspor untuk memasok kebutuhan di negara lain. Padahal untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri pun belum tercukupi.
 
Alex lantas bercerita saat dirinya masih menjadi Bupati Banyuasin. Kala itu dirinya merupaan orang yang tidak setuju dan tidak gembira saat peresmian ekspor perdana gas bumi ke Singapura. Gas yang diekspor ke negara tersebut berasal dari lapangan Grissik.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gas tersebut diolah untuk memenuhi berbagai kebutuhan termasuk pembangkit listrik di negeri singa tersebut. Ironinya justru masyarakat sekitar wilayah Grissik yang kaya akan sumber daya gas justru belum dialiri listrik.
 
"Bapak-bapak tahu enggak gas Grissik menerangi Singapura, tapi desa-desa di Grissik masih gelap?," kata Alex dalam rapat dengar pendapat bersama Ditjen Migas, SKK Migas dan BUMN Pupuk di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 5 Desember 2019.
 
Selain itu menurut mantan Gubernur Sumatra Selatan ini kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) sudah lebih dari cukup menikmati keuntungan dari penjualan gas ke Singapura. Apalagi blok Corridor menggunakan skema cost recovery yang sudah pasti diberikan penggantian investasi oleh negara. Di sisi lain daerah justru tidak mendapatkan manfaat sama sekali dari produksi gas Corridor.
 
"Pembangunan pipeline under sea luar biasa mahalnya masuk cost recovery, mulai sakit gigi diterbangkan dengan coper terbang ke singapura semua masuk cost recovery," jelas Alex.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif