CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (FOTO; Medcom.id/Annisa Ayu)
CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (FOTO; Medcom.id/Annisa Ayu)

Bos Freeport: Kami Bisa Lanjutkan Bisnis hingga 2041

Ekonomi freeport inalum
Annisa ayu artanti • 21 Desember 2018 18:16
Jakarta: CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson mengungkapkan hasil dari kesepakatan tambang emas Papua yang diumumkan sore ini menguntungkan Pemerintah Indonesia dan PT Freeport Indonesia.
 
Richard juga menuturkan, Freeport sangat antusias untuk melanjutkan kerja sama dengan PT Inalum (Persero) sebagai pemegang saham mayoritas PT Freeport Indonesia saat ini.
 
"Kami sangat antusias mengenai kelanjutan bisnis kami terkait kerja sama dengan Inalum, ini sangat positif bagi Indonesia dan Freeport. Ini menjadi kesepakatan yang sama-sama menguntungkan kedua belah pihak," tutur Richard, saat konferensi pers di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat, 21 Desember 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengungkapkan banyak terima kasih kepada pemerintah Indonesia yang menyelesaikan perundingan ini secara 'friendly'.
 
Dengan dilunaskannya pembayaran divestasi saham dan berubahnya kontrak Freeport Indonesia dari Kontrak Karya menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) definitif, Freeport dipastikan melanjutkan bisnis tambang di Papua hingga 2041 serta mendapat kepastian hukum dan fiskal.
 
"Sekarang kami dapat melanjutkan bisnis hingga 2041, dan mendapat kepastian dalam aspek hukum ataupun fiskal," tutur dia.
 
Hari ini Inalum telah melunasi pembelian saham Freeport Indonesia. Sehingga kepemilikan Indonesia di tambang Papua yang sebelumnya 9,36 persen menjadi 51,23 persen. Atas pelunasan itu juga, Pemerintah memberikan IUPK definitif kepada Freeport Indonesia.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif