RI Bisa Kuasai Freeport 100% Tanpa Harus Keluarkan Uang
Ilustrasi tambang Freeport. (FOTO: ANTARA/Adimaja)
Jakarta: Pemerintah Indonesia bisa saja menguasai saham PT Freeport Indonesia (PTFI) 100 persen tanpa harus mengeluarkan sepeser pun uang.

Hal itu dikatakan oleh Pengamat Pertambangan dari Universitas Tarumanegara Achmad Redi. Dia bilang di 2021 pemerintah bisa menguasai saham perusahaan tambang yang beroperasi di Papua tersebut keseluruhan. Sebab pada tahun itu kontrak Freeport habis.

"2021 sudah selesai, jika kita tidak melanjutkan tidak perpanjang langsung dikuasai pemerintah 100 persen," kata Redi pada Medcom.id, Jumat, 13 Juli 2018.

Dirinya mengatakan, hal tersebut memang butuh keberanian dan nyali pemerintah. Namun dirinya memahami memang di 2018-2019 merupakan tahun politik yang mana tentunya pemerintah ingin memastikan agar status kepemilikan segera diambilalih secepatnya oleh negara.

"Tapi memang juga ada semangat dari Freeport agar ada perjanjian perpanjangan kontrak. Sebab bisa saja jika ganti rezim pemerintahan, maka harus mengulang negosiasi. Jadi Freeport mengincar tetap beroperasi sampai 2041," jelas dia.

Seperti diketahui PT Inalum diamanatkan oleh pemerintah untuk mengambil alih divestasi 51 persen saham PT Freeport Indonesia. Untuk menyerap saham mayoritas tersebut Inalum harus mengeluarkan kocek sebesar USD3,85 miliar.

 



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id