Ilustrasi pengisian bahan bakar avtur. (FOTO: dok Pertamina)
Ilustrasi pengisian bahan bakar avtur. (FOTO: dok Pertamina)

Pertamina Kalkulasi Harga Avtur Teranyar

Ekonomi Avtur
Suci Sedya Utami • 12 Februari 2019 09:54
Jakarta: PT Pertamina (Persero) akan menyimulasikan harga avtur dengan formula dalam perhitungan harga jual eceran bahan bakar minyak (BBM) yang baru saja ditetapkan pemerintah.
 
Selama ini harga avtur yang dijual Pertamina dinilai terlalu tinggi. Tingginya harga avtur membuat harga tiket pesawat ikut melambung.
 
"Lagi disimulasikan. Kita mengikuti aturan yang dikeluarkan pemerintah," kata Nicke di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 11 Februari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam kesempatan yang sama Direktur Pemasaran Korporat Pertamina Basuki Trikora Putra mengatakan pihaknya akan mengikuti aturan yang telah dikeluarkan pemerintah. Perhitungan harga avtur sama seperti harga BBM lainnya.
 
"Ya kan dikasih harga patokan, ya kita ikuti saja," kata pria yang akrab disapa Tiko ini.
 
Lebih jauh ia memastikan harga avtur ke depannya tidak akan melebihi harga yang telah dipatok pemerintah. Lagi pula ia memandang selama ini pun harga avtur Pertamina masih berada di bawah patokan tersebut.
 
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan sebelumnya telah menetapkan aturan mengenai batas atas harga jual eceran bahan bakar minyak untuk penerbangan atau avtur.
 
Aturan tersebut ditetapkan per 1 Februari dalam bentuk Keputusan Menteri ESDM Nomor 17 K/10/MEM/2019 tentang formula harga dasar dalam perhitungan harga Jual Eceran Jenis bahan bakar minyak umum jenis avtur yang disalurkan melalui depot pengisian pesawat udara.
 
Kepmen tersebut dikeluarkan dengan maksud untuk menjaga kestabilan harga jual eceran avtur. Serta dalam rangka melaksanakan ketentuan Pasal 72 Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2009 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2004 tentang Kegiatan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi (Migas).
 
"Kita taruh harganya ceiling batas atas, tadinya enggak ada formulanya, kita bikinkan formula batas atasnya sekalian," kata Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Kamis, 7 Februari 2019.
 
Formula perhitungan harga dasar ini nantinya dipergunakan oleh badan usaha sebagai pedoman untuk menetapkan harga jual avtur yang disalurkan melalui depot pengisian pesawat udara kepada maskapai penerbangan berbadan hukum Indonesia di titik serah. Dalam menetapkan harga jual eceran avtur tersebut, ditetapkan batas atas margin sebesar 10 persen dari harga dasar.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif